Bantu Penanganan Karhutla, Australia Berterima Kasih ke Jokowi
Instagram /jokowi
Nasional

Apresiasi tersebut disampaikan oleh Gubernur Jenderal David Hurley kepada Presiden Joko Widodo alias Jokowi saat keduanya menggelar pertemuan di Government House Canberra, Minggu (9/2).

WowKeren - Australia menyampaikan rasa terima kasih mereka pada Indonesia atas kontribusinya untuk membantu penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di negara kanguru tersebut. Apresiasi tersebut disampaikan oleh Gubernur Jenderal David Hurley kepada Presiden Joko Widodo alias Jokowi saat keduanya menggelar pertemuan di Government House Canberra, Minggu (9/2).

"Kita sangat berterima kasih untuk bantuan Indonesia dalam menghadapi kebakaran hutan di Australia," kata Hurley. "Dengan pengiriman lebih dari 30 insinyur angkatan bersenjata untuk berkontribusi pada Operation Bushfire Assist (Operasi Penanganan Kebakaran Hutan)."

Australia menganggap bahwa sikap pemerintah Indonesia yang sigap membantu negaranya untuk meredam kebakaran hutan merupakan bentuk dari persahabatan kedua negara. "Pada saat kita memerlukan, negara Anda membantu negara kami, itulah tanda bagi sebuah persahabatan yang sejati," ujar Hurley.

Di hari pertama agenda kunjungan Jokowi ke Australia pada 9-10 Februari, kepala negara menghadiri jamuan santap siang kenegaraan oleh Hurley. Salam kesempatan itu, Jokowi mengaku bahwa itu adalah kunjungan pertamanya ke Canberra.


"Kunjungan ini," kata Jokowi. "Saya lakukan pada saat situasi dunia sedang tidak menentu dan dipenuhi berbagai macam tantangan termasuk merebaknya virus korona akhir-akhir ini."

Tak hanya dilakukan di tengah merebaknya virus corona akhir-akhir ini, kunjungan tersebut juga dilaksanakan di tengah kondisi Australia yang dilanda masalah karhutla. Oleh sebab itu perlu langkah saling membantu guna memperkuat hubungan diplomatik antar kedua negara.

"Justru di saat seperti inilah pentingnya seorang teman untuk bertandang," lanjut Jokowi. "Saling menguatkan di waktu sulit dan saling menguatkan untuk berkontribusi pada dunia."

Selain itu, Jokowi juga berharap agar hubungan kerja sama antara Indonesia dengan Australia saling menguntungkan di berbagai bidang. Tak hanya bidang ekonomi namun juga pendidikan. "Hubungan ekonomi akan terus kita perkuat melalui implementasi IA-CEPA. Hubungan antar masyarakat akan terus kita perkuat melalui kerjasama pendidikan," tandas Jokowi.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru