Apes, Kapal Pesiar Amerika Ditolak Lima Negara Karena Takut Bawa Virus Corona
Dunia

Sungguh apes, kapal pesiar MS Westerdam asal Amerika Serikat ditolak berlabuh oleh lima negara hingga terombang-ambing dilautan lantaran ditakutkan membawa virus corona.

WowKeren - Dunia sedang diguncang dengan berita mewabahnya virus corona atau Novel Coronavirus (nCov) yang pertama kali muncul di Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok. Virus ini telah menyebabkan ratusan orang menjadi korban meninggal dunia lantaran kecepatan penyebarannya juga terbilang begitu cepat.

Bahkan wabah ini telah membuat sebuah kapal pesiar Diamond Princess dikarantina di tengah-tengah lautan setelah salah satu penumpang terbukti terkena virus corona. Belum selesai karantina kapal tersebut, kini dilaporkan adanya kapal pesiar MS Westerdam milik Holland America yang juga terombang-ambing di lautan akibat virus corona.

Dilansir Reuters, kapal pesiar yang berbasis di Miami ini sebelumnya terombang-ambing di lautan selama dua minggu lantaran ditolak oleh lima negara yang takut terkena wabah virus corona. Kapal MS Westerdam ini mengangkut 1.455 penumpang dan 802 kru di dalamnya.


Beruntung, kapal pesiar ini akhirnya diizinkan berlabuh di Pelabuhan Sihanoukville, Kamboja pada Kamis (13/2) hari ini. Penumpang yang berada di atas kapal ini juga dilaporkan telah menjalani pemeriksaan kesehatan secara rutin sepanjang perjalanan demi mengantisipasi adanya virus corona.

Meskipun telah menjalani pemeriksaan kesehatan dan tidak ada satu penumpang pun yang sakit, namun kapal MS Westerdam ini ditolak berlabuh di Jepang, Taiwan, Guam, Filipina, dan Thailand. Negara-negara yang menolak kapal pesiar ini tidak ingin kejadian penularan virus corona kembali terjadi seperti kapal pesiar Diamond Princess beberapa waktu yang lalu.

Keberanian Pemerintah Kamboja yang mengizinkan MS Westerdam ini berlabuh sontak mendapat pujian dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). "Ini adalah contoh solidaritas internasional yang telah kami serukan sebelumnya secara konsisten," kata Dirjen WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Penumpang kapal MS Westerdam ini kembali akan menjalani pemeriksaan kesehatan saat turun di Kamboja. Sebagian besar penumpang yang lolos tes kesehatan juga diperbolehkan pulang ke negara asal mereka melalui penerbangan cherter dari Phnom Penh, Kamboja mulai besok Jumat (14/2).

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru