7 Aplikasi Konsultasi Kesehatan Ini Bisa Buat Kalian Diskusi Dengan Dokter Tanpa Bertatap Muka
Tekno

Di jaman teknologi ini hampir semua kegiatan mengandalkan ponsel, termasuk masalah kesehatan. Tak perlu langsung bertatap muka, konsultasi dengan dokter kini juga dapat dilakukan via ponsel dan aplikasi.

WowKeren - Di jaman teknologi ini hampir semua kegiatan mengandalkan ponsel, termasuk masalah kesehatan. Tak perlu langsung bertatap muka, konsultasi dengan dokter kini juga dapat dilakukan via ponsel dan aplikasi.

Kini, masyarakat hanya perlu menggunakan aplikasi konsultasi dokter online dari ponsel apabila tubuh sudah menunjukkan gejala sakit. Hal ini membantu pasien mengenai diagnosa awal sehingga tidak perlu bergegas pergi ke klinik atau rumah sakit.


Hanya mengandalkan ponsel, masyarakat bisa langsung berkonsultasi dengan dokter profesional dan terpercaya. Sudah banyak hadir aplikasi ponsel yang memudahkan pengguna untuk konsultasi online dengan dokter. Para dokter yang tersedia dalam aplikasi itu juga tak main-main dan dipastikan profesional.

Ada dokter umum dan banyak pula dokter spesialis dari berbagai konsentrasi keilmuan. Namun untuk mendapatkan diagnosis pasti, pasien tetap harus bertatap muka langsung dengan dokter. Demikian juga halnya dengan peresepan obat, kecuali obat bebas. Penasaran aplikasi apa saja? Berikut tim WowKeren rangkum 7 aplikasi konsultasi dokter. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Di Alodokter Kalian Bisa Bekonsultasi Seputar Kesehatan Dan Denyakit


Di Alodokter Kalian Bisa Bekonsultasi Seputar Kesehatan Dan Denyakit

Alodokter merupakan salah satu aplikasi untuk konsultasi dokter secara online. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk bisa berkonsultasi langsung dengan dokter yang tergabung di dalamnya. Pertama kali menggunakan aplikasi ini, kalian akan ditawarkan beragam pilihan Minat terhadap suatu topik tertentu seputar kesehatan dan penyakit.

Di aplikasi ini ada fitur layanan chat dengan dokter yang akan memberikan edukasi tentang penyakit, lalu memberikan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan yang kalian ajukan. Selain itu Alodokter juga menyediakan artikel tentang kesehatan dan penyakit yang ditulis langsung oleh tim dokter sehingga dapat dipercaya kebenarannya.

2. Enggak Usah Ragu, Di Halodoc Ada Ribuan Dokter Yang Pastinya Profesional


Enggak Usah Ragu, Di Halodoc Ada Ribuan Dokter Yang Pastinya Profesional

HaloDoc merupakan ekosistem layanan kesehatan terpadu bagi penggunanya. Lewat aplikasi ini, akses pasien terhadap layanan kesehatan bisa dipersingkat. Aplikasi ini juga terkoneksi dengan ApotekAntar dan juga laboratorium. Dalam aplikasi HaloDoc, pengguna bebas memilih dokter yang sesuai dengan kebutuhan dan biaya yang bervariasi.

Ada sekitar 19.000 dokter dari seluruh Indonesia yang sudah bergabung dalam aplikasi ini, dengan keahlian medis masing-masing. Pengguna juga bebas memilih fitur voice, video call, atau chat, untuk berkomunikasi dengan dokter. Di layar akan terlihat dokter yang available atau tengah online. Nama dokter umum ataupun spesialis, masing-masing sudah tercantum tarif konsultasi per menit.

3. KlikDokter, Kemudahan Konsultasi Kesehatan Ada Di Tangan Kalian


KlikDokter, Kemudahan Konsultasi Kesehatan Ada Di Tangan Kalian

Sama seperti aplikasi sebelumnya, dengan aplikasi KlikDokter kalian bisa berkonsultasi 24 jam secara online mengenai masalah kesehatan dengan dokter. Tak hanya itu, kita bisa membaca berbagai artikel kesehatan yang ditulis oleh dokter yang berpengalaman di bidangnya.

KlikDokter telah berdiri sejak 2008 dalam bentuk website, sebelum akhirnya membuat aplikasi seperti sekarang. Fitur unik lainnya adalah aplikasi ini punya kalender kesuburan, kalender kehamilan, direktori penyakit dan direktori obat. Kalender kesuburan berguna untuk mendampingi pasutri yang sedang menjalani program kehamilan. Sementara, dengan kalender kehamilan, kita bisa mendapat informasi interaktif seputar janin. Lengkap banget kan?

4. Go-Dok, Tanya Dokter Gratis Yang Disertai Informasi Kesehatan Lengkap


Go-Dok, Tanya Dokter Gratis Yang Disertai Informasi Kesehatan Lengkap

Aplikasi ini adalah penyedia layanan kesehatan gratis dan menyediakan jasa konsultasi dengan dokter di dalamnya. Selain itu, Go-Dok juga menyediakan beragam informasi kesehatan yang dapat diakses dengan mudah, cepat dan pastinya terpercaya loh.

Dengan fitur "Tanya Dokter" kalian bisa melakukan chat dengan dokter yang terdaftar di Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Kita juga bisa berdiskusi dengan dokter favorit melalui fitur "Pilih Dokter". Tak hanya itu, dengan menunjukkan bahwa kalian adalah pengguna Go-Dok, kalian bisa mendapat potongan harga di klinik dan laboratorium yang bekerja sama dengan Go-Dok. Keren kan?

5. Dengan Aplikasi ApaSakitKu (ASK), Pertanyaan Kalian Tentang Kesehatan Akan Terjawab


Dengan Aplikasi ApaSakitKu (ASK), Pertanyaan Kalian Tentang Kesehatan Akan Terjawab

ApaSakitKu (ASK) adalah aplikasi kesehatan yang akan membantu kalian membuat keputusan tentang kesehatan. ASK juga memberikan berbagai macam informasi kesehatan yang disusun secara khusus oleh tim dokter. Melalui informasi ini, pengguna bisa lebih paham tentang kesehatan ketika harus berdiskusi dengan dokter.

Dalam aplikasi ASK ini, kalian bisa memberikan informasi terkait keluhan kesehatan yang kamu rasakan. ASK pun nantinya akan memberikan peringatan mengenai penyakit tersebut, seperti membutuhkan fasilitas kesehatan apa, dan kapan harus memeriksakan ke dokter.

6. Dalam Practo Semua Kebutuhan Kalian Terkait Konsultasi Kesehatan Lengkap Tersedia


Dalam Practo Semua Kebutuhan Kalian Terkait Konsultasi Kesehatan Lengkap Tersedia

Practo tersedia sebagai aplikasi mobile untuk iOS dan Android, dan juga situs yang dapat diakses melalui komputer. Fungsi utama dari Practo adalah untuk memudahkan pengguna untuk menemukan dokter yang sesuai. Selain itu, Practo juga dapat membantu pengguna untuk membuat temu janji dengan sang dokter.

Dalam aplikasi ini kalian dapat melakukan pencarian dokter dengan menggunakan nama dokter, spesialisasi atau bahkan gejala kesehatan yang diderita. Practo juga dilengkapi dengan Practo Profile yang memberikan informasi lebih lanjut mengenai dokter yang hendak kalian kunjungi.

Di sini, kalian dapat melihat lama pengalaman, kualifikasi, afiliasi dan spesiliasi dari para dokter. Bahkan bisa menemukan foto-foto klinik yang bersangkutan dan mendapatkan koordinat GPS untuk navigasi yang mudah ke lokasi, langsung dalam di dalam aplikasi Practo.

7. ProSehat Juga Menyediakan Fitur Lain Yang Sangat Membantu


ProSehat Juga Menyediakan Fitur Lain Yang Sangat Membantu

Dalam aplikasi ini, apapun pertanyaan kita seputar masalah kesehatan, langsung tanyakan ke dokter lewat aplikasi ProSehat. Bukan hanya itu, keunggulan ProSehat yang tak dimiliki oleh aplikasi lain adalah layanan vaksin di beberapa wilayah tertentu, seperti Jakarta, Serpong, Tangerang dan Bekasi.

Aplikasi ini juga bisa membeli berbagai produk kesehatan, seperti popok, susu bayi, suplemen, multivitamin, jamu, obat herbal sampai kebutuhan ibu hamil dan ibu menyusui. Ada pula promo yang akan membuat belanjaan kalian semakin hemat. Keren banget kan?

Selain itu inti juga yuk beberapa aplikasi yang bisa bantu kontrol kesehatan kalian di sini. Simak juga beberapa tanaman yang ternyata bisa untu mengontrol kesehatan mental kalian di sini.

You can share this post!

Related Posts