Mahal Tapi Tak Higienis, Proses Produksi Masker Kesehatan Sukses Bikin Miris
Nasional
Wabah Virus Corona

Sebuah video viral mengungkap proses produksi masker 'penangkal' virus Corona yang ternyata sama sekali tidak higienis. Kondisi ini pun menuai kecaman keras dari masyarakat.

WowKeren - Baru-baru ini media sosial dibuat heboh dengan video produksi masker kesehatan. Seperti diketahui, wabah virus Corona menyebabkan permintaan masker kesehatan memang meningkat tajam.

Namun video produksi itu membuat publik berkernyit lantaran sama sekali tak higienis. Sebab para karyawati di tempat produksi itu, yang kebanyakan merupakan ibu-ibu, tampak tidak menggunakan SOP kesehatan yang semestinya.


Dari video berdurasi 1 menit 23 detik itu terlihat sekelompok ibu-ibu duduk lesehan diantara tumpukan masker kesehatan yang disebut bertipe 3 ply. Tampak tak ada karyawati produksi yang menerapkan sanitasi dan sikap steril dalam mewadahi masker-masker tersebut. Hanya ada beberapa karyawati yang terlihat mengenakan penutup rambut.

Masker itu pun terlihat berserakan di lantai, padahal semestinya produk tersebut terjamin kebersihannya. Tak berhenti sampai di situ, bahkan ada beberapa karyawati yang dengan santai melewati serta menginjak-injak masker tersebut.

Di video itu sendiri sang narator sempat menyebutkan merk masker yang diproduksi, yakni berinisial S. Tercatat masker ini sendiri dihargai sampai Rp 300 ribu per kotaknya.

Sang narator bahkan sempat menyampaikan tata cara pemesanan ke pabrik masker tersebut. Ia seolah sedang mempromosikan produknya yang ternyata tidak diproduksi dengan higienis.

Twitter/MRFOLKTIVE

Video ini pun langsung membuat resah warganet, termasuk pula pengunggah video yakni akun Twitter @MRFOLKTIVE. "APA!!!!??? Astaga! Jorok banget. Pak polisi tolong usut video yang beredar ini," cuitnya pada Kamis (20/2).

Ia pun meminta agar polisi mengusut tuntas video tersebut lantaran dianggap meresahkan di tengah wabah virus Corona. Apalagi belakangan muncul pula isu bahwa masker tersebut merupakan barang bekas dari rumah sakit yang direkondisi untuk dijual kembali.

Beragam reaksi pun ditimbulkan atas video ini. Mulai dari yang ikut menanggapi dengan amarah, sampai yang tetap bisa melemparkan guyonan segar bernuansa satir.

"Mon maap pantes aja di indonesia corona gak masuk, ngeri duluan dia ngeliat masker org indonesia. Udh kena ekstrak telapak kaki emak2," kata @yin*******en. "Oke mulai sekarang sebelum dibuang aku guntingin masker bekas pake," ujar @min*****96.

Di sisi lain, harga masker sampai sekarang masih belum mengalami penurunan. Perihal kenaikan harga masker ini sempat ditanggapi dengan menohok oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

You can share this post!

Related Posts