Istana Kepresidenan Banjir, Pemprov DKI Jelaskan Penyebabnya
Nasional

Komplek Istana Negara tergenang banjir pada Selasa (25/2) pagi. Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Juaini Yusuf pun menjelaskan penyebab terjadinya banjir tersebut.

WowKeren - Banjir kembali melanda Ibu Kota DKI Jakarta, hingga Selasa (25/2), sejumlah titik masih tergenang air. Salah satu lokasi yang tergenang adalah Istana Negara.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Juaini Yusuf pun menjelaskan penyebab terjadinya banjir di komplek Istana Negara tersebut. Menurutnya, banjir ini terjadi lantaran pintu air Manggarai yang tengah meluap. "Iya, Medan Merdeka tergenang karena pintu Manggarai sudah limpas," ujar Juaini, Selasa (25/2).

Meski begitu, Juaini memastikan jika pihaknya menangani permasalah banjir itu. Dan benar, dalam waktu dua jam gedung Istana Kepresidenan dan sekitar sudah tidak lagi tergenang air.

Diketahui, Istana Negara sempat tergenang akibat hujan deras yang mengguyur sejak pagi hari, sekitar pukul 06.00 WIB. "Sempet tergenang, tapi sudah surut," kata Juaini. "Pukul 08.30 WIB sudah surut."


Sementara itu, menurut data yang diunggah oleh Dinas SDA DKI, pada pukul 08.00 WIB pintu air Manggarai telah berstatus siaga 2 dengan ketinggian air tercatat mencapai 955 cm. Padahal batas normal ketinggiannya hanya 750 cm.

Sedangkan dalam tabel yang diunggah, terpantau Angke Hulu berstatus siaga 1 dengan tinggi air 330 cm. Karet juga terpantau siaga 1 dengan ketinggian air 700 cm.

Meski sempat terendam air dengan ketinggian 10-20 cm, Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyatakan jika aktivitas di Istana Kepresidenan tidak terganggu. "Kita tetap beraktivitas seperti biasa, mudah-mudahan segera surut," ujarnya.

Lebih lanjut, Pramono menjelaskan jika air hujan itu menggenang tidak sampai masuk ke dalam gedung. Namun, dari gambar yang dibagikannya dapat terlihat air yang masuk ke lorong-lorong istana.

Banjir di sekitar kompleks Istana Presiden bukan kali ini terjadi. Pada 2 Februari lalu, air juga sempat menggenangi Jalan Medan Merdeka di seberang Istana Merdeka. Selain di kawasan tersebut, jalan di depan Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga terendam banjir.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru