DPR Gelar Rapat Bahas Banjir, Anies dan Ridwan Kamil Justru Tak Hadir
Instagram/ridwankamil
Nasional
Banjir Jakarta 2020

Ketidakhadiran kedua pemimpin daerah tersebut amat disesalkan oleh Komisi V DPR. Pasalnya, rapat tersebut amat penting untuk membahas penanganan banjir di daerah mereka.

WowKeren - Masalah banjir yang melanda sejumlah wilayah di Jabodetabek rupanya ikut menjadi fokus pemerintah. Komisi V DPR menggelar rapat kerja dengan sejumlah instansi pemerintah dan kepala daerah terkait penanganan banjir di Jabodetabek, Rabu (26/2).

Namun sayangnya, sosok Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak terlihat hadir dalam rapat tersebut. Begitu juga dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Tak pelak hal ini pun membuat anggota DPR geram.


Anggota Komisi V DPR secara bergantian mencecar ketidakhadiran tiga kepala daerah yang diundang dalam rapat tersebut. Anggota Komisi V fraksi PDIP Sadarestuwati menegaskan bahwa rapat tersebut sejatinya adalah agenda yang sangat penting. Sebab, apa yang dibahas dalam rapat tersebut tak hanya untuk yang ada di ruangan itu namun juga untuk seluruh masyarakat di DKI dan Jawa Barat.

"Pimpinan, sebenarnya yang kita undang ini gubernur dari masing-masing provinsi. Ini adalah rapat yang sangat penting," kata Sadarestuwati seperti dilansir Republika, Rabu (26/2). "Ini bukan hanya untuk kita yang ada di sini, tetapi ini untuk seluruh masyarakat mulai Jawa Barat sampai DKI khususnya yang ada di DKI."

Ia menyesalkan sikap gubernur sebagai pemimpin daerahnya yang justru tak hadir di rapat sepenting itu. Sebaliknya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang justru hadir pada rapat tersebut. Padahal gubernur adalah sosok yang sangat berkepentingan dalam rapat tersebut.

"Seluruh mitra kita berkenan hadir kenapa yang lainnya tidak?" tegas Sadarestuwati. "Untuk apa kita hadir disini kalau yang berkepentingan saja tidak ada di sini?"

Sementara itu, Anggota Komisi V DPR lainnya Sudewo, mengusulkan agar dalam rapat tersebut pernyataan yang didengar hanyalah pernyataan menteri. "Saya mengusulkan hanya PUPR yang kita dengar, yang lain cukup mendengarkan saja, saya kira usulan ini lebih realistis," kata dia masih dilansir Republika, Rabu (26/2).

Selain Anies dan Ridwan Kamil, Gubernur Banten Wahidin Halim juga tidak hadir dalam rapat kerja tersebut. Adapun kehadiran Anies digantikan deputi Tata Ruang dan Lingkungan Hidup Vera Revina Sari, Ridwan Kamil digantikan Sekda Setiawan Wangsaatmaja.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts