Fobia Tiongkok Hantui Wabah Virus Corona, Cuitan 'Rasis' Ini Justru Tuai Komentar Tak Terduga
SerbaSerbi
Wabah Virus Corona

Sinophobia atau ketakutan berlebih terhadap etnis Tionghoa merebak pasca wabah virus Corona semakin tak terbendung. Namun cuitan 'rasis' ini justru membangkitkan rasa humanis warganet.

WowKeren - Wabah virus Corona tak hanya berdampak bagi sektor kesehatan, tetapi juga sejumlah aspek lain. Salah satunya kemanusiaan yang tak jarang terkikis lantaran setiap individu termakan rasa takut mereka atas virus mematikan tersebut.

Salah satunya adalah fenomena Sinophobia yang beberapa waktu belakangan merebak. Sinophobia sendiri merupakan sikap takut dan panik berlebih ketika bertemu dengan orang dari etnis Tionghoa maupun Asia secara umum.


Salah satunya banyak ditemui di Italia. Dikutip dari Aljazeera, warga Italia tak ragu melakukan tindakan kekerasan bahkan pelecehan terhadap wisatawan asal Tiongkok dan Asia akibat wabah COVID-19.

"Apa yang kamu lakukan di Italia? Pergi! Kamu membawakan kami penyakit," kenang seorang bocah lelaki Italia-Tiongkok berusia 15 tahun pada 2 Februari lalu. Setelahnya ia menjadi korban pemukulan dari sekelompok remaja yang mengejeknya.

Namun di tengah situasi pelik itu, tampaknya masih banyak "keindahan" yang bisa ditemukan. Salah satunya adalah momen manis yang diunggah oleh akun Twitter @coromodol pada Senin (24/2) lalu.

Lewat cuitannya, akun tersebut mengunggah dua tangkapan layar status Facebook warganet dengan akun Kitan Khadka dan Ashok Magar. Status itu menunjukkan keakraban dua pemuda berbeda etnis, yang satu Tionghoa sedangkan yang lain keturunan Afrika. Mereka tampak berangkulan akrab dengan pemandangan indah nan menyejukkan.

Yang menarik perhatian warganet tentu caption yang disertakan di status. Sebab keduanya menganalogikan masing-masing dengan virus yang identik, yakni Tiongkok dengan Corona, sedangkan Afrika dengan Ebola.

Fobia Tiongkok Hantui Wabah Virus Corona, Cuitan \'Rasis\' Ini Justru Tuai Komentar Tak Terduga-1

Twitter

Konten ini tentu menjadi magnet tersendiri bagi warganet. Kebanyakan dari mereka melontarkan komentar bernada pujian, meski tak sedikit pula yang justru balik melempar candaan.

Fobia Tiongkok Hantui Wabah Virus Corona, Cuitan \'Rasis\' Ini Justru Tuai Komentar Tak Terduga-2

Twitter

"Aku suka toleransi ini," tulis @sh****uu. "Aku senang kedamaian ini," cuit @er******ee. "Ih cute banget bromance," timpal @tam*******ii.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts