Kasus Pertama Corona di Indonesia, Jokowi Klaim Punya 100 Lebih Ruang Isolasi
Nasional

Presiden Jokowi telah mengumumkan kasus corona pertama yang terjadi di Indonesia hari ini (2/3). Meski begitu, Jokowi meminta yang lain tak khawatir karena RI telah menyiapkan 100 lebih kamar untuk isolasi.

WowKeren - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja (2/3) mengumumkan kasus corona (COVID-19) pertama yang terjadi di Indonesia. Terdapat dua orang yang positif terjangkit corona.

Keduanya, merupakan seorang ibu berusia 64 tahun dan putrinya yang berusia 31 tahun. Keduanya orang tersebut sempat melakukan kontak dengan warga negara Jepang yang sebelumnya terdeteksi positif corona setibanya di Malaysia.

"Orang Jepang ke Indonesia bertamu siapa, ditelusuri dan ketemu," kata Jokowi dilansir Kompas, Senin (2/3). "Ternyata orang yang terkena virus corona berhubungan dengan dua orang, ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun."

Meski begitu, Jokowi memastikan jika penanganan rumah sakit untuk virus corona telah sesuai dengan standar. Ia bahkan menegaskan bahwa sejak awal wabah ini muncul Januari lalu, RI telah menyiapkan rumah sakit yang dilengkapi oleh ruang isolasi.

"Persiapan rumah sakit lebih dari 100 dengan ruang isolasi dengan standar isolasi yang baik," ujar Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Senin (2/3). "Kita juga miliki peralatan yang memadai standar internasional. Kita juga miliki reagen yang cukup."


Lebih lanjut, Jokowi juga menegaskan RI memiliki tim pertahanan dan keamanan yang baik untuk mengawal kasus wabah asal Wuhan itu. Menurutnya, Indonesia sudah memiliki anggaran dan sudah diprioritaskan.

"Kita juga miliki tim gabungan TNI, Polri, Sipil, dalam penanganan ini," tuturnya. "Kita juga miliki SOP yang standarnya sama dengan standar internasional yang ada."

Perlu diketahui, terkait laporan 2 WNI positif corona tersebut diperoleh Jokowi langsung dari Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto. "Dicek dan tadi pagi saya dapat laporan dari Pak Menkes bahwa ibu ini dan putrinya positif corona," tutur Presiden.

Sementara itu, buntut dari pengumuman yang disampaikan oleh Presiden Jokowi tersebut rupanya membuat media sosial menjadi ramai. Bahkan kata kunci "WN Jepang" langsung masuk dalam jajaran trending topic Twitter Indonesia.

Banyak warganet yang mengkhawatirkan jejak WN Jepang tersebut di Indonesia. Warganet juga berharap informasi mengenai lokasi interaksi WN Jepang dan WNI yang terjangkit virus Corona tersebut segera diungkapkan.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait