Heboh Mahasiswa Untag Surabaya Dikabarkan Positif Corona, Pihak Kampus Antisipasi Sterilkan Gedung
Nasional

Humas Untag Surabaya Karolin Rista menegaskan jika kabar tersebut adalah hoaks, namun ia membenarkan jika ada mahasiswa yang baru pulang dari Batam mengalami gejala demam dan flu.

WowKeren - Penyebaran virus corona di Indonesia kian meluas. Pemerintah menyatakan bahwa hingga saat ini, sudah ada 8 provinsi yang terdampak.

Namun, di tengah kekhawatiran isu corona viral kabar yang menyebut bahwa mahasiswa Universitas Tujuh Belas Agustus (Untag) Surabaya positif virus Covid-19. Hal itu diketahui dari percakapan viral yang beredar.

Dalam kabar itu, disebutkan bahwa mahasiswa S3 tersebut lolos dari Bandara Juanda dan tengah berada di kampus. "Info dari pihak kampus ada 1 orang mahasiswa S3 yang sudah terinfeksi virus. Lolos dari Juanda langsung ke kampus pasca. Sekarang orangnya ada di lantai 3 sendirian," bunyi kabar yang beredar di aplikasi pesan seperti dilansir dari Detik, Sabtu (14/3).

Terkait hal ini, pihak kampus pun memberikan konfirmasi. Humas Untag Surabaya Karolin Rista menegaskan jika kabar tersebut tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya alias hoaks. Sebab, belum ada pernyataan sama sekali jika memang mahasiswa tersebut positif corona.


Meski demikian, ia membenarkan jika mahasiswa yang dimaksud sedang tidak sehat. Alhasil, kondisi ini membuat mahasiswa lainnya khawatir dan memilih untuk tidak melakukan kegiatan perkuliahan.

"Yang terjadi mahasiswa tersebut dalam kondisi suhu tubuh yang panas dan tidak sehat," kata Karolin masih dilansir Detik. "Kondisi mahasiswa yang tidak sehat ini membuat rekan kuliah yang lain tidak ingin melanjutkan perkuliahan karena ada ketakutan bila ini adalah gejala atau indikasi corona."

Melanjutkan, ia menyebut bahwa mahasiswa tersebut baru saja pulang dari Batam. Karena adanya mahasiswa yang memiliki gejala panas hingga flu, pihak kampus pun langsung menunda perkuliahan di Sabtu dan Minggu ini. Sedangkan gedung yang ditempati, langsung dikunci dan rencananya akan disterilkan.

"Hal ini menyebabkan perkuliahan dan aktivitas di gedung dihentikan untuk hari ini," lanjut Karolin. "Besok akan dilakukan sterilisasi gedung."

Ia mengimbau agar mahasiswa tetap menjaga daya tahan tubuh mereka. "Pastikan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi, istirahat cukup dan jaga kebersihan tubuh. Hindarkan menyentuh wajah dengan tangan. Pastikan mencuci atau membersihkan tangan dengan disinfektan."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru