Haykal Kamil Imbau Masyarakat Tak Kalap Belanja di Tengah Wabah Corona
Instagram
Selebriti
Wabah Virus Corona

Haykal Kamil menyarankan agar masyarakat Indonesia tak panik sampai kalap memborong beberapa kebutuhan pokok karena Corona. Ia menjelaskan jika hal tersebut justru akan berdampak buruk pada harga sembako.

WowKeren - Haykal Kamil mengimbau masyarakat Indonesia agar tenang menghadapi penyebaran virus Corona. Ia mengatakan, masyarakat tidak perlu membeli bahan makanan dalam jumlah besar untuk ditimbun di rumah. Keadaan panik terhadap suatu peristiwa seperti ini disebut panic buying.

Haykal kurang setuju dengan tindakan sebagian masyarakat Indonesia yang menanggapi masalah virus Corona ini dengan gegabah. Menurutnya, masyarakat tak perlu sampai melakukan tindakan memborong semua barang belanjaan yang ada di tempat perbelanjaan. Ia berharap masyarakat percaya dengan garansi pemerintah yang menyebutkan sembako akan aman dalam dua bulan ke depan.

"Aku lihat DKI sudah beri guarantee buat persiapan bahan buat dua bulan ke depan cukup aman, jadi harusnya jangan sampai ada panic buying," kata Haykal Kamil melansir dari Grid.id, Senin (16/3). Bagi Haykal, panic buying malah membuat dampak yang kacau untuk kita. "Jangan sampai ada panic buying, karena tidak bagus banget buat keseluruhan ekonomi kita," lanjutnya.


Haykal menilai jika saat ini permintaan dari masyarakat sudah melebihi penawaran. Melihat kondisi masyarakat yang sudah mulai resah, adik kandung Zaskia Adya Mecca ini justru mengatakan jika sikap mereka inilah yang membuat harga barang menjadi melonjak. Disebutkannya ini adalah salah satu dampak dari panic buying.

"Kalau di ekonomi ada supply and demand (penawaran dan permintaan), kalau demand-nya meningkat tapi supply-nya terbatas harganya pasti meningkat, melambung. Nanti enggak cuma jahe yang melambung, nanti semua bahan kebutuhan kita melambung ini bahaya banget," pungkas aktor kelahiran 6 Januari 1991 itu.

Seperti yang diketahui, memang beberapa waktu lalu masyarakat sempat panik dengan kabar Indonesia yang sudah terjangkit virus Corona. Ada sebagian warga di beberapa daerah sudah mulai menyiapkan kebutuhan rumah tangganya untuk beberapa bulan ke depan. Mereka bahkan diketahui memborong beberapa kebutuhan pokok untuk kepentingannya sendiri.

Hal inilah yang tidak seharusnya dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Sebab, tanpa mereka sadari hal ini justru menimbulkan permasalahan baru di tengah-tengah wabah virus Corona. Pemerintah pun sudah menjelaskan jika warga tak perlu panik dan khawatir jika persediaan makanan akan habis. Pemerintah juga mengimbau agar masyarakat tak melakukan tindakan egois hanya untuk memikirkan kesejahteraannya sendiri.

(wk/wahy)

You can share this post!

Related Posts