Kesaksian Pasien 01, 02 dan 03 yang Sembuh Dari Virus Corona di RSPI Sulianti Saroso
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Diketahui, ketiga pasien yang telah sembuh tersebut awalnya tertular virus corona dari warga negara Jepang yang dirawat di Malaysia. Mereka pun memberikan kesaksian sebagai penyintas virus corona.

WowKeren - Pasien corona kasus 01, 02, dan 03, yang sempat dirawat di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso telah dinyatakan sehat. Diketahui, mereka awalnya tertular virus corona dari warga negara Jepang yang dirawat di Malaysia.

Ketiga pasien tersebut lantas memberikan kesaksian mengenai virus corona (Covid-19). Mereka meminta agar masyarakat Indonesia tidak panik dalam menghadapi virus tersebut.

"Kalau dari saya sih pesannya untuk masyarakat Indonesia yang sekarang agak panik untuk enggak panik," tutur salah seorang dari mereka dalam konferensi pers di RSPI Sulianti Saroso pada Senin (16/3) hari ini. "Karena virus ini seperti yang Pak Yuri (Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto) sudah sering sampaikan, yaitu self-limiting disease."

Oleh sebab itu, ia meminta agar masyarakat benar-benar menjaga imun tubuh masing-masing. Masyarakat juga diminta untuk mengikuti anjuran pemerintah.


"Juga dengarkan saran dari pemerintah," ujarnya. "Kalau memang kita diminta untuk social distance dan pembatasan sosial untuk sementara, ya, kita sebaiknya lakukan sebaik-baik mungkin."

Lebih lanjut, ia juga mengungkapkan bahwa dirinya dinyatakan positif terjangkit virus corona meski tidak menunjukkan gejala apa pun. Namun, ia menjelaskan bahwa kondisi mereka selama diisolasi baik-baik saja.

"Dan satu lagi untuk kasus saya yang dinyatakan positif tapi tidak mempunyai tanda-tanda gejala apa pun itu sebenarnya lebih bahaya," pungkasnya. "Karena kita bisa saja melaksanakan aktivitas sehari-hari tanpa tahu kita menularkan ke orang-orang yang imunnya dan kesehatannya lebih lemah daripada kita dan itu efeknya lebih parah."

Dalam konferensi pers tersebut, hadir pula Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Sang Menteri membawakan oleh-oleh dari Presiden Joko Widodo untuk ketiga pasien yang kini telah dinyatakan sembuh tersebut.

"Sekali lagi, ucapan syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa dengan sehatnya kembali saudara-saudara kita, pasien nomor 01, 02, 03," tutur Terawan. "Saya sekalian membawakan oleh-oleh buah tangan dari Bapak Presiden untuk bekal buat pasien nomor 01, 02, 03 yang sudah sehat, bukan pasien lagi, berupa jamu."

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts