Simak 8 Tips Ini Agar Tetap Produktif Saat Bekerja di Rumah Karena Wabah Corona
SerbaSerbi
COVID-19 di Indonesia

Untuk meminimalisir penyebaran virus Corona, beberapa perusahaan maupun instansi pemerintahan memberlakukan sistem kerja dari rumah. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan selama bekerja di rumah agar tetap produktif.

WowKeren - Jumlah pasien positif Corona di Indonesia kian bertambah. Wilayah jangkauan penyebarannya pun semakin meluas. Pada Selasa (17/3), pemerintah mengkonfirmasi jumlah pasien yang dinyatakan positif Corona di Indonesia sudah mencapai 172 orang.

Untuk meminimalisir penyebaran Corona, pemerintah mengimbau agar masyarakat mengurangi kegiatan di luar rumah. Karena itulah sejumlah perusahaan maupun instansi pemerintahan menerapkan sistem bekerja di rumah kepada para pegawainya.

Meski bekerja di rumah, kita tetap harus produktif dan tidak bermalas-malasan yang bisa membuat pekerjaan terbengkalai. Berikut beberapa tips bekerja di rumah selama wabah Corona agar tetap produktif dan efektif.

(wk/eval)

1. Buat Jadwal dan Atur Waktu dengan Baik Selama Kerja di Rumah


Buat Jadwal dan Atur Waktu dengan Baik Selama Kerja di Rumah

Pengaturan waktu menjadi hal yang sangat penting dalam meningkatkan produktivitas. Bukan berarti kerja di rumah malah membuat kamu bermalas-malasan dan melakukan pekerjaan sesuka hati. Karena itulah penting untuk mengatur jam kerja dan patuhi jadwal tersebut untuk fokus melakukan pekerjaan.

Mulailah bekerja sesuai waktu yang dijadwalkan, dan ketika hari kerja berakhir, Anda harus memastikan tidak menambah waktu bekerja alias lembur. Meskipun Anda menghabiskan banyak waktu untuk bekerja di rumah, pastikan juga untuk memberikan perhatian pada keluarga.

2. Kerja di Rumah Karena Wabah Corona? Usahakan Untuk Tetap Menjalin Komunikasi dengan Anggota Tim


Kerja di Rumah Karena Wabah Corona? Usahakan Untuk Tetap Menjalin Komunikasi dengan Anggota Tim

Bekerja di rumah bukan berarti membuatmu harus menyelesaikan semuanya sendiri. Jangan ragu untuk berdiskusi bila memang dibutuhkan. Komunikasi dengan anggota tim atau rekan kerja sangat diperlukan untuk membicarakan bagaimana pekerjaan akan berjalan.

Atur waktu yang pas untuk berkomunikasi dan pilih media komunikasi yang tepat pula. Entah itu melalui email, telepon, pesan teks atau video call. Hal ini penting dilakukan agar tidak sampai terjadi kesalahpahaman saat kamu mengerjakan tugas di rumah.

3. Siapkan Ruang Kerja yang Nyaman Biar Kamu Tetap Produktif di Rumah Selama Wabah Corona


Siapkan Ruang Kerja yang Nyaman Biar Kamu Tetap Produktif di Rumah Selama Wabah Corona

Suasana bekerja di rumah tentu sangat berbeda dengan saat di kantor. Tak jarang kamu akan merasa lebih mudah terganggu oleh berbagai hal kecil. Oleh karena itu, penting untuk menciptakan suasana bekerja yang kondusif dan nyaman.

Jika ada, pilih ruangan tertutup yang tenang lalu tutup pintu untuk menghindari potensi gangguan dari luar agar kamu bisa tetap fokus. Kalau bisa, hindari bekerja di tempat tidur, karena bisa membuatmu terlalu nyaman hingga kurang serius dalam bekerja dan cepat mengantuk.

Dan jika memungkinkan, atur ruangan kamu serupa dengan yang ada di kantor. Jangan lupa untuk menata barang-barang dengan lebih rapi, sehingga mood untuk bekerja bisa tetap terjaga.

4. Pastikan Koneksi Internet Selalu Stabil Agar Kamu Tetap Nyaman Saat Bekerja di Rumah


Pastikan Koneksi Internet Selalu Stabil Agar Kamu Tetap Nyaman Saat Bekerja di Rumah

Saat bekerja di rumah, Anda akan memerlukan banyak platform yang terkoneksi dengan internet. Karena itulah jika koneksi internet tidak stabil, maka proses kerja juga akan terganggu. Jadi, pastikan agar koneksi internet Anda di rumah selalu berjalan lancar agar tidak mengganggu proses bekerja.

5. Buat Skala Prioritas dan Tetap Rileks Saat Bekerja di Rumah di Tengah Wabah Corona


Buat Skala Prioritas dan Tetap Rileks Saat Bekerja di Rumah di Tengah Wabah Corona

Agar saat bekerja kamu tidak tergesa-gesa, sebaiknya buat rencana kerja beserta dengan skala prioritasnya. Sebab dari situ kamu bisa memilih mana pekerjaan mendesak yang harus didahulukan dan mana pekerjaan yang bisa kamu kerjakan belakangan. Jika tips ini dilakukan, kamu akan bekerja lebih teratur tanpa harus tertekan karena dikejar-kejar deadline.

Selain itu, usahakan untuk tetap rileks dan fokus selama bekerja di rumah. Pembawaan diri yang rileks dan fokus bisa meningkatkan produktivitas jadi lebih baik. Dengan begitu, kamu bisa menyelesaikan target pekerjaan dengan baik tanpa melakukan banyak kesalahan.

6. Ingin Produktif Saat Bekerja di Rumah? Maka Hindari Hal-Hal yang Bisa Membuatmu Tidak Fokus


Ingin Produktif Saat Bekerja di Rumah? Maka Hindari Hal-Hal yang Bisa Membuatmu Tidak Fokus

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bekerja di rumah tentu menimbulkan suasana yang jauh berbeda dengan di kantor. Di rumah, kamu akan lebih mudah terganggu oleh berbagai hal kecil yang bisa membuat fokusmu teralihkan.

Misalnya saat bekerja di rumah sebaiknya kamu matikan notifikasi media sosial, jangan terlalu sering bermain ponsel dan hindari berbagai hal yang bisa membuatmu tidak fokus. Meskipun kesannya sepele, hal kecil ini bisa membuat fokusmu berkurang sehingga kamu akan bekerja lebih lambat. Hasilnya, pekerjaanmu tak kunjung selesai.

7. Konsumsi Makanan dan Camilan Sehat, Biar Kamu Bisa Tetap Produktif Selama Bekerja di Rumah


Konsumsi Makanan dan Camilan Sehat, Biar Kamu Bisa Tetap Produktif Selama Bekerja di Rumah

Mengkonsumsi makanan dan camilan sehat dapat menunjang daya tahan tubuh jadi semakin kuat. Dengan begitu, kamu enggak gampang sakit dan tubuh tetap terjaga kesehatannya. Daya tahan tubuh yang kuat juga bisa membuat virus seperti Corona sulit menginfeksi tubuh.

Contoh makanan dan camilan sehat adalah sayuran dan buah-buahan. Selain itu, kamu juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui beberapa makanan yang bisa membuat mood balik lagi, sehingga kamu bisa bekerja dengan ceria tanpa stres berlebihan.

8. Luangkan Waktu Istirahat, Agar Kamu Tetap Produktif Selama Bekerja di Rumah


Luangkan Waktu Istirahat, Agar Kamu Tetap Produktif Selama Bekerja di Rumah

Saat bekerja selama 8 jam di kantor, kita biasanya masih memiliki waktu istirahat yang kita manfaatkan untuk minum kopi, jalan-jalan atau sekedar mengobrol dengan rekan kerja. Karena itulah saat bekerja di rumah sebaiknya juga luangkan waktu untuk beristirahat. Dengan adanya jeda waktu untuk istirahat, Anda akan melakukan pekerjaan yang produktif dan bisa berpikir lebih jernih.

Demikian delapan tips bekerja di rumah yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui ide kegiatan seru yang bisa dilakukan bareng anak selama mereka libur karena wabah Corona. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui beberapa hal yang perlu diketahui soal self isolation di tengah wabah Corona.

You can share this post!

Related Posts