Optimis Bisa Kalahkan 'Endgame', Proses Produksi Sekuel 'Avatar' Malah Dihentikan
Film

Kabar penghentian proses produksi ini dibagikan secara langsung oleh produser Jon Landau. Sayangnya, Landau tak merinci proyek mana yang dihentikan, mengingat mereka menggarap empat sekuel 'Avatar' sekaligus.

WowKeren - Satu lagi film blockbuster yang akhirnya terpaksa mengentikan proses produksinya akibat wabah COVID-19 alias virus corona, yaitu sekuel "Avatar" arahan James Cameron.

Kabar perihal penghentian proses produksi sekuel "Avatar" ini dibagikan secara langsung oleh produser Jon Landau. Diketahui, sebelumnya sekuel ini telah memulai produksi di Selandia Baru selama beberapa waktu. Meskipun diberhentikan, pihak Weta masih tetap akan terus mengerjakan efek visual film ini.


Dilansir The Hollywood Reporter pada Rabu (18/3), Jon Landau mengatakan bahwa produksi sekuel "Avatar" yang dijadwalkan dilakukan di Stone Street Studios pada April mendatang akan ditunda sampai batas waktu yang tak ditentukan.

"Kami berada di tengah krisis global dan ini bukan hanya tentang industri film. Aku rasa semua orang perlu melakukan apa yang mereka bisa, seperti kami di sini, untuk menurunkan wabah ini," kata Landau dalam keterangannya.

Meski begitu, Landau tidak menjelaskan secara rinci syuting untuk sekuel "Avatar" ke berapa yang ditunda. Seperti yang diketahui, "Avatar" sendiri memiliki empat sekuel. Hanya sekuel pertama yang sudah menyelesaikan tahap produksi.

Sementara itu, sebelum adanya berita soal penghentian proses produksi, sutradara James Cameron secara langsung berbicara perihal sekuel "Avatar" yang kemungkinan berpeluang untuk menggeser "Avengers: Endgame" jadi film terlaris di dunia.

"Avengers: Endgame" diketahui telah berhasil mendapat predikat sebagai film terlaris sepanjang masa. Berdasarkan data Box Office Mojo, seri lanjutan "Avengers: Infinity War" tersebut meraih predikat ini dengan raihan USD 2,796 juta dari seluruh dunia. Hasil ini membuat "Endgame" menggeser posisi "Avatar".

"Avatar" yang dirilis pada tahun 2009 lalu sempat menjadi film terlaris di dunia. Saat ini, film tersebut berada tepat di bawah "Endgame" dengan selisih yang amat tipis. Tercatat, film arahan sutradara James Cameron itu meraih USD 2,789 juta.

Di sisi lain, "Avatar 2" sendiri sebenarnya telah merampungkan syuting pada akhir November 2019 lalu, namun proses post-produksi masih terus berlanjut. Sejumlah pemeran lawas dikonfirmasi bakal kembali dalam sekuel ini. Mulai dari Sam Worthington, Zoe Saldana, Stephen Lang, hingga Sigourney Weaver.

Sementara itu, setelah mengalami beberapa perubahan jadwal, "Avatar 2" untuk sementara masih akan dirilis pada 17 Desember 2021. "Avatar 3"pada 22 Desember 2023. "Avatar 4" akan dibuka dua tahun setelah itu pada 19 Desember 2025 dan "Avatar 5" akan jatuh pada 17 Desember 2027. Meski demikian "Avatar 4" dan "Avatar 5" hanya akan dirilis dengan catatan dari sutradara James Cameron bahwa Avatar 2 dan 3 berhasil di box office.

(wk/luth)

You can share this post!