Jadi Rujukan Informasi, Situs Resmi RI Untuk COVID-19 Diluncurkan Hari Ini
Nasional

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 secara resmi meluncurkan situs rujukan informasi terkait wabah pada hari ini (18/3). Harapannya situs tersebut menjadi sumber informasi satu pintu soal COVID-19.

WowKeren - Pemerintah Indonesia terus melakukan berbagai upaya untuk bisa mencegah penyebaran virus Corona. Apalagi mengingat sampai Selasa (17/3) kemarin sudah ada 172 orang yang dinyatakan positif terjangkit COVID-19.

Selain memastikan penyebaran virus tak semakin menjadi-jadi, penting bagi pemerintah untuk memastikan informasi soal penanganan COVID-19 tersampaikan dengan baik ke masyarakat. Hal itulah yang menjadi latar belakang Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 meluncurkan situs resmi www.covid19.go.id pada Rabu (18/3) hari ini.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Letjen TNI Doni Monardo menyatakan portal tersebut merupakan sumber informasi resmi penanggulangan virus Corona di Indonesia. Harapannya portal tersebut menjadi sumber informasi resmi satu pintu.

"Kami menyadari, masyarakat butuh akses pada informasi akurat, cepat, dan terpercaya," ujar Doni dalam keterangan tertulisnya, dilansir dari Kompas. "Untuk itulah mengapa situs www.covid19.go.id ini dibuat agar bisa menjadi sumber informasi resmi satu pintu."

Situs ini dikembangkan oleh Tim Komunikasi Risiko dan Pelibatan Masyarakat untuk Penanggulangan COVID-19. Mereka terdiri dari pemerintah, Badan PBB (UNICEF, WHO, dll), mitra pembangunan internasional, organisasi masyarakat sipil dan dunia usaha.


"Situs ini bertujuan untuk memastikan publik mendapatkan akses pada informasi resmi dan akurat mengenai penanggulangan wabah COVID-19 di Indonesia," jelas Doni lebih lanjut. "Sebab, situasi darurat global akibat pandemi COVID-19 membuat banyak informasi yang beredar di masyarakat tak semuanya akurat."

Ketika dipantau langsung di portal terkait, terdapat beberapa informasi penting yang bisa diakses. Yang pertama terkait 3 langkah yang harus dilakukan masyarakat untuk mengurangi penyebaran virus.

Kemudian masyarakat bisa mengakses materi edukasi soal COVID-19 beserta informasi terbaru dan terpenting terkait wabah tersebut. Kemudian ditampilkan pula data terkini perihal jumlah angka kasus positif dan korban jiwa yang timbul akibat wabah COVID-19, baik di Indonesia maupun secara global.

Jadi Rujukan Informasi, Situs Resmi RI Untuk COVID-19 Diluncurkan Hari Ini

www.covid19.go.id

Selain itu ada pula fitur hoax-buster yang bisa digunakan sebagai acuan untuk menentukan apakah sebuah informasi tentang COVID-19 merupakan berita benar atau tidak. Dan yang terakhir pemerintah mencantumkan pula fitur tanya jawab serta hotline untuk masyarakat yang ingin bertanya lebih lanjut terkait wabah Corona.

"Kami berkomitmen memberikan informasi yang akurat dan bertanggung jawab kepada masyarakat," pungkas Ketua Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) ini. "Pengetahuan dan perilaku yang benar adalah elemen penting untuk melawan penularan penyakit ini."

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait