Menteri Dilarang Melayat, Jokowi Minta Protokol Kesehatan Diperhatikan
Instagram
Nasional
Ibunda Jokowi Tutup Usia

Pihak istana memastikan bahwa ibunda Presiden Jokowi tidak meninggal dunia karena terinfeksi virus Corona atau COVID-19. Kepastian disampaikan Jubir Jokowi Bidang Sosial Angkie Yudistia.

WowKeren - Jenazah ibunda Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sujiatmi Notomiharjo, telah berada di rumah duka di Banjarsari, Surakarta, pada Rabu (25/3) sekitar pukul 18.41 WIB. Soal penyebab meninggalnya ibunda Jokowi, hingga kini masih belum terungkap.

Kendati demikian, pihak istana memastikan bahwa ibunda Jokowi tidak meninggal dunia karena terinfeksi virus Corona atau COVID-19. Kepastian disampaikan Juru Bicara Presiden Joko Widodo (Jokowi) Bidang Sosial Angkie Yudistia.


Di sisi lain, Mensesneg Pratikno ikut buka suara terkait meninggalnya ibunda Jokowi. Pratikno berpesan agar anggota Kabinet Indonesia Maju diminta tetap berada di Jakarta.

Hal yang sama juga diungkap oleh Juru Bicara Jokowi, Fadjroel Rachman. Fadjroel mengatakan bahwa Jokowi tetap memperhatikan protokol kesehatan meski dalam suasana duka. Jokowi pun mengantisipasi banyaknya pelayat yang berdatangan ke rumah duka.

Protokol ini sengaja dilakukan mengingat saat ini masih marak wabah virus Corona. Fadjroel pun mengatakan bahwa protokol Covid-19 juga diterapkan saat upacara pemakaman almarhumah.

"Tentu akan dilakukan upacara (pemakaman) dengan memperhatikan semua protokol kesehatan karena terkait Covid-19," kata Fadjroel belum lama ini. "Kami diminta agar tetap fokus ke tugas masing-masing terutama kami sekarang harus menghadapi masalah Covid-19 ini."

Pemberlakuan protokol keamanan untuk warga sekitar rumah duka pun dilakukan oleh Jokowi. Jokowi meminta agar para tetangga hanya mendoakan dari jarak jauh.

Sosok ibunda Jokowi dikenal sebagai orang yang ramah, sederhana dan tidak membeda-bedakan orang. Kesederhanaan dan ketangguhan Sujiatmi tak jarang menuai banyak pujian.

Jokowi selama ini dikenal dekat dengan sang ibunda. Bahkan Sujiatmi tak jarang memberikan semangat kepada sang anak saat berjuang pada pilpres beberapa waktu lalu.

Semasa hidupnya, ibunda Jokowi sempat berbicara mengenai perjalanan hidup anaknya. Ia mengaku tidak pernah berpikir anak pertama dari tiga bersaudara itu akan menjadi presiden.

"Ya, enggak nyangka. Dia itu penurut dari kecil, enggak pernah bandel. Waktu kecilnya mau jadi apa, ya, ndak tau," ungkap Sujiatmi. "Saya enggak kira sampai dicalonkan jadi Presiden. Enggak nyangka."

(wk/diah)

You can share this post!

Related Posts