Wali Kota Semarang dan Wakil Relakan 3 Bulan Gaji untuk Penanganan Corona
Instagram/pemerintahkotasemarang
Nasional

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Wakil Wali Kota Hevearita G.Rahayu serta beberapa anggota DPRD Kota Semarang mengikhlaskan tiga bulan gaji untuk membantu pembelian APD tenaga medis dan sembako bagi masyarakat.

WowKeren - Virus Corona membuat masyarakat ikut terkena dampaknya. Bukan cuma dari segi kesehatan, dampak Corona juga ikut mempengaruhi perekonomian di Semarang dan sekitarnya.

Karena itu, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyumbangkan tiga bulan gajinya untuk membantu masyarakat dalam menangani virus Corona. Selain Hendrar, Wakil Wali Kota Hevearita G.Rahayu juga melakukan hal serupa. Begitu pula dengan 19 kader PDIP yang mengikhlaskan gajinya sebagai anggota DPRD Kota Semarang.

"Ini merupakan inisiatif kami yang sudah dikoordinasikan dengan seluruh pimpinan partai," kata Hendrar. "Ini sebagai bentuk darma bakti kader PDIP Kota Semarang bagi masyarakat yang terkena dampak Corona."

Bukan hanya itu, Hendrar dan kader PDI-P lainnya juga akan tetap mendonasikan gaji mereka hingga permasalahan terkait Corona berakhir tuntas. Nantinya, gaji Hendrar cs akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan mendesak seperti pembelian alat pelindung diri bagi para tenaga medis hingga bahan kebutuhan pokok untuk masyarakat.

Hendrar juga mengungkap kalau saat ini lebih dari 2 ribu orang telah dirumahkan dan kehilangan pekerjaan mereka. Mereka terpaksa dirumahkan karena menurunnya kegiatan ekonomi akibat anjuran pemerintah untuk social dan physical distancing. Bukan hanya pabrik, hotel juga ikut terkena dampaknya.


"Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Kota Semarang melaporkan ada 2.620 orang yang harus dirumahkan, yang kerja di pabrik-pabrik di Semarang," kata Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, Senin (6/4). "Kemudian pihak perhotelan juga sudah menyampaikan kepada saya, ada 11 hotel yang hari ini sudah mulai mengurangi beberapa pegawainya. Jumlahnya sekira 400 sekian orang (dirumahkan)."

Hendrar menyebut pegawai yang dirumahkan akan mendapatkan bantuan sembako. Ia juga mengimbau masyarakat mampu untuk ikut memberikan bantuan.

"Ini akan kita himpun terus (datanya), menjadi sasaran distribusi bantuan sembako pemerintah kepada mereka-mereka," ungkap Hendrar. "Saya harap upaya saling membantu ini menjadi sebuah gerakan bersama, bisa membantu tetangga kanan, kiri, atau pihak-pihak lain yang ekonominya tidak sebaik kita. Dengan saling membantu kita dapat melewati masa sulit ini dengan lebih baik."

Sementara itu, niat tulus Hendrar dan jajarannya menuai dukungan dari masyarakat. Mereka memuji sikap Hendrar, Hevearita dan anggota DPRD Kota yang memberikan bantuan untuk masyarakat.

"Semoga yang dipusat juga mengikuti, Semarang keren," kata netter. "Naaahh ini pemimpin yg gregeet," seru netter. "Anggota DPR pusat dong terutama Fadli Zon," harap netter.

(wk/riaw)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait