Jangan Panik! Konsumsi 7 Makanan Dan Minuman Ini Untuk Atasi Rasa Cemas Berlebihan Kalian
Kuliner

Makanan tertentu ternyata dapat membantu kita merasa jauh lebih baik. Ada semakin banyak bukti yang menunjukkan bahwa pemilihan makanan kalian dapat memengaruhi gejala kesehatan mental dan kecemasan.

WowKeren - Setiap orang pasti memiliki rasa cemas. Namun ketika rasa cemas itu datang berlebihan, tentu hal itu bukan sesuatu yang wajar. Kecemasan terkadang menjadi gangguan yang melemahkan pada titik tertentu dalam kehidupan mereka. Namun, tahukah kalian makanan tertentu ternyata dapat membantu kita merasa jauh lebih baik.

Ada semakin banyak bukti yang menunjukkan bahwa pemilihan makanan kalian dapat memengaruhi gejala kesehatan mental dan kecemasan. Selain terapi dan perawatan yang memadai yang ditentukan oleh penyedia perawatan kalian, diet sehat dapat membantu meningkatkan kecakapan alami saluran GI kalian dan bisa berfungsi sebagai cara lain untuk membantu menjaga suasana hati.

Nah apa saja makanan tersebut? Berikut tim WowKeren rangkum 7 jenis makanan dan minuman yang bisa membantu kalian mengatasi rasa cemas maupun stres yang berlebihan. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Makanan Difermentasi


Makanan Difermentasi

Menurut sebuah studi dalam jurnal Psychiatry Research, Konsumsi makanan berfermentasi semisal yogurt dan acar dapat membantu mengatasi rasa malu kronis yang berujung kecemasan sosial. Para peneliti melibatkan sekitar 700 orang untuk mengetahui tingkat konsumsi probiotik (makanan fermentasi) seperti kimchi dan acar.

Dalam studi itu, tim peneliti dari Universitas Maryland dan the College of William & Mary di Virginia menemukan bahwa probiotik atau bakteri baik dalam makanan berfermentasi meningkatkan produksi GABA atau neurotransmitter yang memiliki efek seperti obat anti cemas. Orang yang mengonsumsi lebih banyak makanan berfermentasi hanya memiliki sedikit gejala kecemasan sosial dibandingkan mereka yang mengonsumsi makanan berfermentasi lebih sedikit.

2. Dark Chocolate


Dark Chocolate

Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti Nestle Research Center di Lausanne, Switzerland yang dipublikasikan di Journal of Proteome Research menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi cokelat jenis ini setiap harinya selama dua minggu dapat menurunkan kadar hormon stress kortisol dan juga katekolamin pada mereka yang memiliki tingkat kecemasan yang tinggi.

Tingkat kecemasan para peserta sudah ditentukan sejak awal penelitian, dan sampel untuk darah maupun urin kemudian dikumpulkan dan dianalisa saat awal dan akhir dari penelitian selama dua minggu. Hasilnya bahwa konsumsi cokelat hitam harian akan turunkan kadar hormon stress pada mereka yang memiliki tingkat kecemasan yang tinggi.

3. Teh Kamomil


Teh Kamomil

Teh herbal satu ini bisa membuat kalian tenang dan tidak merasakan kecemasan berlebihan lagi. Ini karena senyawa yang terkandung dalam teh kamomil dapat mengikat reseptor yang sama seperti obat penenang. Hal ini sudah dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan oleh University of Pennsylvania Medical Center.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa mengonsumsi teh kamomil selama delapan minggu bisa membantu orang-orang yang mengalami gangguan kecemasan (anxiety disorder). Tidak hanya itu, teh kamomil juga merupakan teh herbal untuk kesehatan mengingat adanya kandungan antioksidan dan antiradang yang bisa membantu mengatur kestabilan kadar gula darah dalam tubuh.

4. Kiwi


Kiwi

Beberapa studi menunjukkan bahwa kombinasi vitamin C dan E plus folat dapat membantu mengurangi stres oksidatif, yang dapat menyebabkan peradangan kronis. Dengan makan kiwi, dapat membantu meningkatkan produksi serotonin, yaitu neurotransmitter yang terkait dengan kesejahteraan dan kebahagiaan.

Selain itu, riset yang dilakukan oleh Taipei Medical University, menyebut bahwa kiwi bisa membantu mengatasi gangguan tidur. Ini karena kandungan antioksidan dan serotonin tersebut. Konsumsi dua buah kiwi satu jam sebelum tidur, niscaya tidur akan terasa nyenyak.

5. Alpukat


Alpukat

Namun suatu penelitian terbaru mengindikasikan, ada beberapa makanan yang benar-benar bisa meredakan gejala-gejala kecemasan, seperti misalnya alpukat. Dr. Uma Naidoo menulis dalam Harvard Health, selain menjalankan pola hidup sehat, mengurangi alkohol dan kafein, masih banyak asupan-asupan lain yang bisa membantu Anda meredakan cemas.

Naidoo mengungkapkan, karbohidrat kompleks akan dicerna secara lebih lambat oleh tubuh. Hal ini akan membantu tubuh mempertahankan kadar gula darah lebih seimbang, yang kemudian bisa membuat kalian merasa lebih tenang.

6. Seafood


Seafood

Selain kaya cita rasa, berbagai makanan yang berasal dari laut juga bisa menenangkan rasa cemas berlebihan kalian. Keajaiban laut membuat hewan yang ada di dalamnya sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Kandungan omega 3 yang menjadi senjata andalan makanan laut dalam melawan rasa cemas, stress dan pengendalian suasana hati. Selain ikan salmon, coba konsumsi ikan sarden, udang, dan kerang untuk merasakan khasiat baiknya.

7. Susu


Susu

Saat susah tidur, banyak orang yang menyarankan agar kalian minum susu hangat agar menenangkan diri dan membantu tidur dengan nyenyak. Hal ini ternyata bukan bualan belaka.

Meminum segelas susu di malam hari sebelum tidur dapat membuat seseorang beristirahat dengan lebih nyaman. Susu tak hanya bermanfaat bagi kesehatan tulang, di balik mineral yang melimpah susu pun menyimpan magnesium yang berperan penting dalam mengatasi kecemasan.

Intip juga beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin c tinggi dalam artikel berikut. Simak juga yuk beberapa obat alami yang bisa kalian gunakan untuk tipes di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel