BREAKING: Jumlah Pasien Baru Menurun, Total Ada 4.557 Kasus Positif COVID-19
Getty Images
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Jumlah pasien positif COVID-19 di Indonesia kembali bertambah per Senin (13/4) hari ini, sehingga total kumulatifnya mencapai 4.557 kasus. Namun pemerintah mencatat ada penurunan jumlah kasus baru.

WowKeren - Pemerintah terus memperbarui data pasien positif COVID-19 di Indonesia setiap harinya. Biasanya data yang dilaporkan merupakan perkembangan dalam interval 24 jam terakhir, yakni sejak Minggu (12/4) pukul 12.00 WIB hingga Senin (13/4) pukul 12.00 WIB.

Hari ini (13/4) pemerintah pun kembali memperbaruinya. Tercatat ada penambahan 316 kasus COVID-19 baru di Indonesia, sehingga total kumulatif pasiennya mencapai 4.557 orang.

316 kasus baru tentu saja bukan angka yang kecil. Namun dilansir dari grafik yang ada di laman resmi covid19.go.id, ada penurunan penambahan kasus positif bila dibandingkan kemarin yang mencapai 399 pasien positif baru.

Jumlah pasien ini tercatat tersebar di seluruh provinsi Indonesia, dengan yang terbanyak berada di DKI Jakarta, yakni 2.186 kasus. Sebanyak 3.778 pasien positif saat ini masih dalam perawatan tim medis.

Sedangkan untuk jumlah pasien sembuh dan meninggalnya tercatat nyaris seimbang. Hingga Senin ada 399 pasien COVID-19 yang dinyatakan meninggal dunia, sedangkan 380 lainnya dikonfirmasi sembuh.


"Sebagian besar dari yang meninggal dunia dari kelompok usia ke atas (lanjut usia) dengan penyakit bawaan," jelas Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto, dalam konferensi persnya di Gedung Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Senin (13/4).

Ini bukan pertama kalinya Yuri menegaskan pasien positif COVID-19 yang meninggal juga memiliki penyakit bawaan atau komorbit. Beberapa jenis penyakit diantaranya adalah hipertensi dan diabetes.

Menurut Yuri, kebanyakan kasus positif ini merupakan wujud dari human to human cases alias transmisi lokal. "Membuktikan bahwa penyebaran COVID-19 ini dari orang ke orang. Maka sekali lagi, kami sampaikan, sebaiknya tetap di rumah," tegas Yuri, seperti dikutip dari CNN Indonesia.

Mengatasi tingginya tingkat penularan virus Corona di antara masyarakat, pemerintah pun menempuh sejumlah kebijakan. Salah satunya adalah pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang telah ditetapkan di beberapa wilayah Indonesia.

Sejauh ini sudah ada 10 daerah yang disetujui untuk status PSBB-nya, sesuai dengan kebijakan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Yakni DKI Jakarta, Kabupaten dan Kota Bogor Jawa Barat, Kabupaten dan Kota Bekasi Jawa Barat, Kota Depok Jawa Barat, Kabupaten dan Kota Tangerang Banten, Kota Tangerang Selatan Banten, dan Kota Pekanbaru Riau.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts