Potret Miris PSBB DKI Jakarta, Volume Kendaraan Bertambah Sampai Stasiun Bak Lautan Manusia
Getty Images
Nasional

DKI Jakarta memasuki hari keempat pelaksanaan PSBB demi menangkal wabah Corona, namun justru terjadi peningkatan volume kendaraan sampai kondisi KRL yang dipenuhi penumpang.

WowKeren - DKI Jakarta menjadi daerah pertama yang menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk mengatasi wabah virus Corona. Ditetapkan sejak Jumat (10/4) kemarin, Senin (13/4) ini merupakan hari keempat pelaksanaan PSBB.

Mirisnya, penerapan status itu tampaknya tak berdampak banyak bagi mobilitas di Ibu Kota. Sebab dilansir dari CNN Indonesia, justru ada peningkatan jumlah kendaraan yang masuk ke wilayah DKI Jakarta bila dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Nana Sudjana membenarkan informasi ini. "Dengan Gubernur dan Pangdam akan evaluasi, ini kok hari keempat cukup banyak. Akan terus kita evaluasi," tegas Nana di Jakarta Timur.

Polisi menduga kenaikan volume kendaraan ini berkaitan dengan hari Senin yang merupakan hari kerja. Hal senada juga diungkap oleh Pangdam Jaya, Mayjen TNI Eko Margiyono yang meyakini volume kendaraan akan berkurang bila kota penyangga juga menerapkan PSBB.

"Seharusnya (ketika) di daerah penyangga nanti (menerapkan) PSBB orang (ke Jakarta) akan makin dikit, ini akan jadi bahan evaluasi," tutur Eko. Pada kesempatan yang sama, ia pun menyebut volume kendaraan tak bisa serta-merta turun sebab masih ada kantor yang tak menerapkan work from home untuk pekerjanya.


Tak hanya itu, penumpukan penumpang juga tampak di beberapa KRL dan stasiun. PT KCI selaku operator pun menagih kontrol damn pengawasan mobilitas dari pemerintah untuk menangani masalah ini.

"Kami berharap pemberlakuan PSBB ini juga dibarengi dengan kontrol dan pengawasan dari pemerintah setempat," ujar Manager External Relations PT KCI, Adli Hakim, dilansir dari CNBC Indonesia. "Terhadap, utamanya mobilitas masyarakat itu sendiri."

Potret Miris PSBB DKI Jakarta, Volume Kendaraan Bertambah Sampai Stasiun Bak Lautan Manusia

Twitter

Di Stasiun Bogor, Cilebut, Bojonggede, Citayam dan Depok contohnya, pagi ini para pengguna rela antre untuk masuk stasiun. Untuk melayani para pengguna, lebih dari 4.000 petugas pelayanan dan pengamanan PT KCI dibantu anggota marinir yang tersebar di 80 stasiun memberikan edukasi kepada para pengguna.

Edukasi yang diberikan terkait dengan pelaksanaan physical distancing seperti diatur oleh pemerintah. Aturan lain seperti pengadaan kereta tambahan hingga pengaturan antrean juga diberlakukan sejak pengguna kereta masuk ke stasiun.

Nyatanya pelaksanaan PSBB memang tak semudah yang diharapkan. Banyak elemen berkontribusi dalam kebijakan ini, termasuk perusahaan agar kebijakan bekerja dari rumah bisa segera diterapkan.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait