Sidang Isbat Digelar, 1 Ramadan di Indonesia Jatuh Pada 24 April
Nasional

Sidang ini sendiri digelar dalam tiga sesi. Sesi pertama yakni diawali dengan pemaparan posisi hilal, yang dilakukan oleh Tim Falakiyah Kementerian Agama.

WowKeren - Pemerintah telah menetapkan 1 Ramadan 1441 Hijriyah jatuh pada Jumat, 24 April. Hasil itu disepakati dalam sidang isbat penentuan awal Ramadan 1441 H yang dipimpin Menteri Agama Fachrul Razi, Kamis (23/4) petang.

Akibat pandemi COVID-19 yang masih melanda Indonesia, sidang tersebut digelar dengan skema yang berbeda. "Kami dengan suara bulat menetapkan awal Ramadan 1 1441 H, esok hari bertepatan dengan 24 April 2020," ujar Menag membacakan hasil ketetapan sidang isbat.

Sidang ini sendiri digelar dalam 3 sesi. Sesi pertama diawali dengan pemaparan posisi hilal, yang mana hal ini dilakukan oleh Tim Falakiyah Kementerian Agama. Anggota Tim Falakiyah Kemenag, Cecep Nurwendaya, menyebut jika sejak awal, hilal sudah memenuhi kriteria.


"Sejak pemaparan awal, ternyata (hilal) sudah memenuhi kriteria," kata Cecep, Kamis (23/4). "Tinggi minimal sudah melebihi 2 derajat. Elevasi juga sudah (memenuhi kriteria). Maka hilal Ramadan di awal Kamis ini sudah memenuhi di wilayah Indonesia."

Sidang isbat sendiri digelar secara tertutup. Sidang ini hanya dihadiri secara fisik oleh perwakilan MUI, DPR, serta Menag Fachrul Razi, Wamenag Zainut Tauhid Sa'adi, dan Kamaruddin sebagai Dirjen Bimas Islam.

Sementara itu, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah terlebih dulu menetapkan awal puasa jatuh pada Jumat, 24 April. Lalu untuk Idul Fitri jatuh pada Minggu, 24 Mei.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru