Pemerintah RI Targetkan Angka Kasus Corona Turun Bulan Juni, Rakyat Hidup   Normal Mulai Juli
Nasional

Hal ini disampaikan oleh Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo, usai mengikuti rapat terbatas intern bersama jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju dan Presiden Jokowi.

WowKeren - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo, mengungkapkan target pemerintah terkait antisipasi pandemi corona. Menurut Doni, ada perkiraan bahwa masyarakat Indonesia sudah bisa kembali hidup normal pada Juli 2020.

"Presiden meminta kita semua untuk bisa bekerja lebih keras lagi dan juga mengajak masyarakat agar lebih patuh, lebih disiplin, dan aparat lebih tegas lagi," tutur Doni dalam konferensi pers virtual pada Senin (27/4) hari ini. "Agar para Juni kita mampu menurunkan kasus Covid di Indonesia, sehingga Juli kita bisa mengawali hidup normal kembali."

Hal ini disampaikan oleh Doni usai mengikuti rapat terbatas intern bersama jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju. Ratas tersebut dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Selain itu, Doni juga meminta agar seluruh Kementerian, lembaga, serta pemerintah daerah terkait untuk memberikan imbauan kepada masyarakat dalam bahasan yang mudah dimengerti. Imbauan yang dimaksud berkaitan dengan upaya pencegahan penyebaran virus corona.


"Imbauan-imbauan harus disampaikan dengan bahasa yang mudah dimengerti masyarakat, perlu gunakan bahasa daerah," ujar Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). "Tidak mudik, protokol kesehatan jaga jarak, cuci tangan."

Selain itu, Doni juga meminta aparat penegak hukum dan jajaran pemerintahan supaya lebih tegas mengingatkan masyarakat untuk tidak berkerumun selama pandemi corona. Masyarakat juga diminta untuk terus mematuhi aturan jarak fisil atau physical distancing. "Ketika jaga jarak diharapkan satu sama lain harus bisa tingkatkan kesadaran kolektif," jelas Doni.

Donu juga menyinggung tentang penurunan jumlah pasien Covid-19 yang dirawat hingga pekan terakhir April 2020. Hal ini, tutur Doni, menunjukkan bahwa jumlah pasien yang sudah sembuh mengalami kenaikan.

"Saat ini terdapat (pasien Covid-19) sebanyak 7.032 orang (dirawat) yang dilihat dari jumlah tempat tidur yang terdapat di ruang isolasi rumah sakit sebanyak 10.179 tempat tidur," kata Doni. "Artinya kabar gembira."

Hingga Senin (27/4) hari ini, Indonesia telah melaporkan 9.096 kasus Covid-19. Dari jumlah tersebut, 1.151 orang di antaranya dinyatakan sembuh, dan 765 orang dilaporkan meninggal dunia.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru