Penuhi Kebutuhan Sahur dan Buka, 3 Wilayah PSBB Surabaya Raya Dirikan Dapur Umum
Biro Humas Jatim
Nasional

Sebanyak 5 ton beras, 1 ton telur ayam, 1 ton ayam beku, dan 500 kardus mi instan dikirimkan ke setiap kota dan kabupaten yang menerapkan PSBB Surabaya Raya.

WowKeren - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Raya mulai berlaku hari ini, Selasa (28/4). Tiga kota yang menerapkan kebijakan tersebut yakni Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo.

Guna memenuhi kebutuhan sahur dan buka masyarakat di tiga wilayah tersebut, akan dibangun dapur umum. Sebanyak 5 ton beras, 1 ton telur ayam, 1 ton ayam beku, dan 500 kardus mi instan dikirimkan ke setiap kota dan kabupaten yang menerapkan PSBB. Hal itu dilakukan untuk membantu warga yang terdampak akibat kebijakan tersebut.

"Sosialisasi PSBB untuk tiga wilayah," kata Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa ketika memberangkatkan bantuan awal dari Gedung Grahadi, Senin (27/4). "Hasil koordinasi forkopimda plus, mulai nanti malam di tiga wilayah pelaksana PSBB akan disiapkan dapur umum untuk menyiapkan makan sahur dan untuk buka puasa."

Sementara itu terkait di mana titik akan dibangunnya dapur umum tersebut akan dikoordinasikan lebih lanjut. Sejauh ini, Gresik dan Sidoarjo sudah mengkomunikasikan titik yang dimaksud namun belum untuk Surabaya.


Lebih lanjut, Khofifah menyebut jika proses simulasi tengah dilakukan di Mapolda Jatim. Hal itu bertujuan untuk memastikan kesiapsiagaan berlapis di masing-masing forkopimda PSBB.

"Sekarang pun sedang berproses simulasi PSBB di Mapolda Jatim, supaya ada kesiapsiagaan berlapis di masing-masing forkopimda pelaksana PSBB," ujar Khofifah. "Nah, yang kami kirimkan ini bantuan awal kebutuhan dapur umum."

Dari simulasi tersebut, akan terjalin koordinasi untuk menentukan titik dapur umum serta distribusinya. Khofifah menyebut jika jajarannya telah melakukan pendataan terkait berapa banyak keluarga terdampak yang memerlukan bantuan.

"Tim Danramil, Polsek, juga Babinsa dan Babinkamtibmas dari masing-masing wilayah sebetulnya sudah mengumpulkan (data)," terang Khofifah. "Berapa keluarga, berapa jiwa, yang butuh distribusi bahan siap saji sejak sahur sampai dengan buka puasa."

PSBB di Surabaya Raya akan memberlakukan jam malam bagi warga. "Untuk jam malam nanti kita akan prioritaskan, memang untuk betul-betul menjaga suasana PSBB," kata Kapolda Jatim, Irjen Luki Hermawan, Senin (27/4).

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel