Prabowo Terima Bantuan ‘Senjata’ Dari Tiongkok Untuk Perangi Corona, Apa Saja Isinya?
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto telah menerima bantuan ‘senjata’ dari pemerintah Tiongkok untuk berperang lawan virus corona (COVID-19). Apa saja isinya?

WowKeren - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto kembali menerima bantuan dari Pemerintah Tiongkok untuk menangani pandemi virus corona (COVID-19). Bantuan tersebut berupa alat kesehatan (alkes) yang diterima secara langsung oleh Prabowo di Terminal Cargo Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Eko Djoko menjelaskan jika alkes tersebut nantinya akan disalurkan ke sejumlah rumah sakit untuk membantu melawan corona. Bantuan dari Tiongkok itu fokus diberikan pada rumah sakit di lingkungan Kemenhan dan TNI.


”Semua bantuan alat-alat kesehatan tersebut nantinya akan disalurkan ke beberapa rumah sakit lingkungan Kemhan dan TNI,” jelas Eko seperti dilansir dari CNNIndonesia, Selasa (12/5). “Sehingga diharapkan dapat membantu dalam pencegahan penyebaran virus corona dan penanganan wabah COVID-19 di Indonesia.”

Bantuan alat-alat kesehatan yang diberikan oleh Tiongkok kepada Indonesia kali ini begitu beragam. Diantaranya ada disposable medical mask, medical surgical mask, KN95 respirator dan surgical mask -cone, medical goggles, dan disposable medical protective screen.”

Kemudian ada disposable protevtive jump suit, disposable waterproof isolation gown, medical boot cover, dan disposable nitrile glove. Selain itu, Tiongkok juga memberikan infusion pump, knapsack disinfectant sprayer 16L, infrared forehead thermometer dan thermal imaging thermometer helmet.”

Bantuan alkes dari Tiongkok ini terhadap Indonesia untuk menangani pandemi bukan kali ini saja. Sebelumnya, Prabowo juga telah menerima bantuan alkes dari Tiongkok yang pertama kali pada Maret 2020 lalu di Base Ops TNI AU Halim Perdanakusuma.

Prabowo kemudian menyerahkan alkes yang terdiri dari rapid test dan alat pelindung diri (APD) kepada tenaga kesehatan. Penyerahan ini dilakukan Prabowo secara simbolis ke perwakilan rumah sakit yang ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan penanganan COVID-19.

Ketua Umum Partai Gerindra ini memang terus bekerja dalam senyap untuk menangani wabah virus corona di Indonesia. Diketahui ia telah menggelar operasi bantuan kemanusiaan guna membawa alat-alat kesehatan dari Tiongkok untuk membantu Indonesia melawan penyebaran virus corona.

Operasi tersebut merupakan kerjasama Kemenhan dengan Mabes TNI. Tidak hanya pihak Indonesia saja, operasi bantuan kemanusiaan ini juga menggandeng Kementerian Pertahanan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) serta dukungan corporate social responsibility (CSR) sejumlah perusahaan Tiongkok yang berinvestasi di Indonesia.

(wk/lian)

You can share this post!

Related Posts