Sudah Tutup, McD Sarinah Apes Didenda Rp10 Juta Usai Jadi Ancaman Sebaran Corona
Nasional

McDonald’s Sarinah sudah resmi tutup, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta justru mendenda restoran cepat saji ini lantaran menjadi ancaman sebaran virus corona.

WowKeren - Penutupan permanen gerai pertama restoran cepat saji pertama McDonald’s di Indonesia pada Minggu (10/5) tengah menjadi sorotan. Pasalnya, penutupan McD yang berlokasi di Sarinah, Jakarta Pusat ini justru berubah menjadi kerumunan massa.

Rupanya, banyak warga Jakarta yang mengaku memiliki banyak kenangan manis di tempat tersebut lantas berdatangan ke lokasi. Mereka seolah tidak mempedulikan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) selama pandemi virus corona (COVID-19).

Setelah penutupan yang memicu kontroversi, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akhirnya menjatuhkan sanksi terhadap McD Sarinah. Pihak McD Sarinah dinilai telah melakukan pelanggaran PSBB sehingga mereka dikenai denda sebesar Rp10 juta.

”Pihak manajemen McDonald's Sarinah juga telah bersedia membayar denda sanksi administratif,” ujar Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Arifin dalam keterangannya seperti dilansir dari Detik, Kamis (14/5). “Sesuai yang tertulis pada Pergub No. 41 Tahun 2020 Pasal 7.”


”Adapun denda administratif yang telah dibayarkan adalah denda maksimal,” sambungnya. “Yakni sebesar Rp10.000.000 oleh pihak manajemen McDonald's Sarinah melalui Bank DKI.”

Arifin menjelaskan jika setelah peristiwa massa berkerumun di depan McD Sarinah, Pemprov DKI Jakarta langsung memanggil pihak manajemen. Menurut Pemprov DKI, pihak manajemen McD Sarinah telah melakukan kelalaian sehingga menyebabkan banyaknya masyarakat yang berdatangan.

Pihak manajemen McD Sarinah sendiri telah mengakui adanya kelalaian dan bersikap kooperatif saat dipanggil Pemprov DKI Jakarta. Mereka akhirnya bersedia membayarkan denda yang dijatuhkan.

”Pemanggilan dilakukan pada hari ini, 14 Mei 2020. Pihak manajemen bersikap kooperatif serta mengakui kelalaiannya,” jelas Arifin. “Hal ini tak lain untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 di ibu kota. Sehingga, dibutuhkan kerja sama antara pemerintah dan masyarakat dalam menangani virus ini.”

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait