Alasan Ilmiah Barisan Kucing di Filipina Terapkan Physical Distancing di Depan Toko Saat Pandemi
SerbaSerbi
Pandemi Virus Corona

Kucing memang diketahui banyak tertarik pada objek yang berbentuk lingkaran yang mana ketertarikan ini tidak hanya terbatas pada bentuk nyata seperti yang terlihat dalam foto.

WowKeren - Physical distancing ramai-ramai diterapkan oleh orang-orang di seluruh dunia sejak pandemi virus corona (COVID-19) menyebar. Namun bukan hanya manusia saja yang menerapkan konsep ini.

Sebuah akun pengguna Twitter @ThePhillipineStar mengunggah foto yang memperlihatkan barisan kucing yang berjejer rapi. Mereka menerapkan jaga jarak dengan menempati garis lingkaran putih yang ada di depan toko di Quezon, Filipina.


"Kucing-kucing ini terlihat menempati tanda lingkaran sebagai implementasi protokol social distancing di depan toko," tulis akun tersebut di Twitter, Rabu (13/5).

Sejatinya, bulatan-bulatan tanda lingkaran itu ditujukan untuk orang-orang yang mengantre di toko agar tidak berdesakan. Perilaku kucing yang semacam ini memiliki penjelasan ilmiah di baliknya.

Photo-INFO

Twitter

Ahli perilaku kucing di The Cat Behavior Clinic, Mieshelle Nagelschneider menuturkan jika perilaku kucing tersebut merupakan bagian dari naluri bertahan hidup. Secara alami, kucing tertarik dengan tempat tertutup.

Sebab bagi kucing, ruang tertutup menawarkan perlindungan dan juga keunggulan dalam berburu. Kucing memerlukan tempat untuk bersembunyi sebelum menyergap mangsanya.

"Di alam bebas, kucing akan bersembunyi di pohon untuk menghindari pemangsa," kata Nagelschneider. "Namun bersembunyi juga menjadi bagian mereka sebelum menyergap mangsa."

Sementara itu, kucing memang diketahui banyak tertarik pada objek yang berbentuk lingkaran yang mana ketertarikan ini tidak hanya terbatas pada bentuk nyata. Seperti yang terlihat dalam foto tersebut, bahkan ketika lingkaran merupakan hanya sebuah gambar kucing tetap menunjukkan obsesinya.

Berada di dalam lingkaran memberikan rasa yang aman pada kucing. "Menempatkan diri dalam lingkaran akan memberi kucing rasa aman dan kesempatan semakin besar untuk bertahan hidup, setidaknya dalam pikiran mereka," lanjut Nagelschneider.

Kemudian terkait kucing yang seakan-akan patuh menjalankan protokol kesehatan untuk menjaga jarak, ia menyebut hal itu sebagai sifat alami kucing. Menurutnya, kucing memang suka menjaga jarak dengan sesamanya terutama ketika sedang bermusuhan.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts