Bakal Sambut New Normal, Anies Baswedan Justru Bantah Mal Siap Buka Mulai 5 Juni
Nasional
Skenario New Normal COVID-19

APPBI DKI Jakarta menyatakan pusat perbelanjaan alias mal siap kembali dibuka mulai 5 Juni, sekaligus menyongsong tatanan hidup 'New Normal'. Namun belakangan Anies Baswedan membantahnya.

WowKeren - Pemerintah kian gencar mensosialisasikan tatanan hidup baru "New Normal" di tengah pandemi COVID-19. Berdasarkan tatanan baru itu, kehidupan masyarakat akan tetap produktif sebagaimana mestinya namun dengan kewaspadaan yang ditingkatkan.

Salah satu parameter yang diterapkan adalah pembukaan sejumlah fasilitas publik seperti pusat perbelanjaan atau mal. Termasuk di Jakarta yang disebut-sebut siap membuka kembali mal-nya mulai 5 Juni 2020 mendatang.

Namun isu ini belakangan dibantah oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Anies menegaskan hingga kini tak ada keputusan soal tanggal beroperasinya kembali mal karena juga belum ada keputusan pasti soal kapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) akan berakhir.

"Jadi kalau saat ini ada yang mengatakan bahwa mal akan buka tanggal 5, mal akan buka tanggal 7, itu imajinasi, itu fiksi," kata Anies ketika memantau arus balik mudik Lebaran 2020 di check point KM 47 Tol Jakarta-Cikampek, Selasa (26/5). "Karena belum ada aturan mana pun yang mengatakan PSBB diakhiri."

Anies memang sempat melontarkan PSBB kali ini merupakan yang terakhir. Namun mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga menegaskan siap memperpanjang PSBB apabila diperlukan, tergantung dari pantauan aktivitas masyarakat.


Lebih lanjut, keputusan apakah PSBB akan diperpanjang atau diakhiri baru akan diambil pekan depan. "(Keputusan soal PSBB diambil) awal pekan depan, setelah semua data masuk," tegas Anies, seperti dilansir dari Detik News.

Sebelumnya Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta menyebut mal siap dibuka kembali pada 5 Juni 2020. Tanggal ini didasarkan pada PSBB yang akan berakhir per 4 Juni 2020.

"Rencana mal akan dibuka mulai 5 Juni 2020," ujar Ketua APPBI DKI Jakarta, Ellen Hidayat, seperti dilansir Kumparan. "Ada juga yang 8 Juni 2020."

Tak main-main, total ada 60 pusat perbelanjaan yang siap dibuka kembali pada 5 Juni 2020 mendatang. Beberapa diantaranya meliputi Plaza Indonesia, FX Sudirman, ITC Mangga Dua, Senayan City, hingga Mal Mangga Dua.

Sementara itu Ellen juga menyebutkan 4 mal lain yang akan kembali buka per 8 Juni 2020. Mereka adalah Grand Indonesia, Teras Benhil, Summarecon Mal Kelapa Gading, dan Sunter Mal.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts