Masjid Hingga Gereja di Kota Bekasi Siap Dibuka Kembali Jumat Pekan Ini
Nasional

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menyebut bahwa hal ini merupakan upaya Pemkot Bekasi untuk menerapkan new normal, sebagaimana yang telah disampaikan oleh Presiden Joko Widodo.

WowKeren - Kota Bekasi akan mulai membuka kembali sejumlah pusat perbelanjaan dan perkantoran di tengah pandemi corona. Selain itu, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi juga menyebut bahwa rumah-rumah ibadah seperti masjid dan gereja juga akan mulai dibuka pekan ini.

"Insya Allah Jumat besok sudah bisa melakukan ibadah," ungkap Rahmat di Mal Summarecon Bekasi, Selasa (26/5). Menurut Rahmat, ini merupakan upaya Pemkot Bekasi untuk menerapkan new normal, sebagaimana yang telah disampaikan oleh Presiden Joko Widodo.

"Tatanan kehidupan baru, masyarakat produktif melawan COVID-19," tutur Rahmat. "Itu terjemahan saya, mudah- mudahan ini."

Penerapan new normal ini akan dilakukan secara bertahap, mulai dari kembali mengaktifkan kegiatan ekonomi supaya perdagangan bisa berjalan. Dengan demikian, tutur Rahmat, Bekasi dapat menjadi prototype kota lainnya untuk beradaptasi dengan pandemi.


Sebelumnya, satu keluarga di Kota Bekasi dikabarkan terinfeksi virus corona (COVID-19) usai mengikuti salat Idul Fitri berjamaah di Masjid Al Muhajirin, Perumnas 1, Bekasi Barat. Kala disinggung soal kasus ini, Rahmat pun mencoba meyakini bahwa hal tersebut bukan soal salat Id-nya.

Menurut Rahmat, kasus tersebut bisa segera ditemukan karena upaya penanganan yang cepat dari pemerintah. Lebih lanjut, ia juga menegaskan bahwa Kota Bekasi sudah siap menerapkan new normal lantaran semua tim analisis, tim medis, sudah bergerak di semua RT dan RW.

"Cepat kita bawa ke rumah sakit, di- swab otomatis karena harus di- tracking," jelas Rahmat. "Jadi tidak perlu khawatir dengan kasus baru."

Pemkot Bekasi sendiri sebelumnya telah mengizinkan warganya untuk menggelar salat Idul Fitri di masjid. Namun, masyarakat yang boleh melakukan salat Id hanyalah warga yang berasal dari kelurahan berkategori zona hijau penyebaran virus corona. Saat ini, terdapat 51 kelurahan yang masuk kategori zona hijau COVID-19.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru