Ingin Makan di Restoran Saat New Normal? Terapkan 7 Tips Ini Untuk Mencegah Penyebaran Virus Corona
SerbaSerbi

Bersantap di restoran mungkin menjadi hal yang dirindukan banyak orang setelah menjalani karantina mandiri selama ini. Nah agar tetap aman dan terhindar dari virus Corona saat makan di luar, sebaiknya terapkan tujuh tips berikut ini.

WowKeren - Sejumlah daerah di Indonesia sudah mulai memasuki masa transisi new normal. Oleh karena itulah sejumlah ruang publik mulai dibuka dan berbagai sektor kembali diizinkan beroperasi, termasuk tempat makan dan restoran.

Ketika restoran dibuka kembali, sebagian orang tentu merasa sangat bersemangat dan ingin segera mengunjunginya. Pasalnya makan di luar bisa menjadi hiburan tersendiri bagi sebagian orang, karena dapat menikmati suasana bersantap yang berbeda dengan teman atau keluarga.


Meski sangat bersemangat untuk makan di restoran selama era new normal, sebaiknya jangan lupa untuk selalu memenuhi protokol kesehatan COVID-19. Karena biar bagaimanapun restoran merupakan ruang publik yang juga rentan menjadi area penyebarluasan virus Corona.

Berkaitan dengan hal ini, tim WowKeren telah merangkum beberapa tips aman makan di restoran selama era new normal. Mau tahu apa saja itu? Berikut informasi selengkapnya.

(wk/eval)

1. Pilih Restoran yang Sedang Sepi Pengunjung


Pilih Restoran yang Sedang Sepi Pengunjung

Tips aman pertama yang harus kamu perhatikan adalah memilih restoran yang sedang sepi pengunjung. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari kerumuman orang-orang yang dapat meningkatkan risiko penyebaran virus Corona.

Selain itu, usahakan juga untuk pergi di jam-jam sepi. Kamu bisa pergi saat pagi-pagi sekali, siang hari atau larut malam. Hindari waktu sore atau malam karena biasanya restoran akan lebih ramai pengunjung. Seperti sebelumnya, hal ini diperlukan untuk menghindari interaksi dengan banyak orang dan meminimalisir penyebaran virus Corona.

2. Hindari Restoran Hot Pot dan Pilih Area Outdoor


Hindari Restoran Hot Pot dan Pilih Area Outdoor

Bagi kamu yang kangen makan hot pot bareng teman-teman, sebaiknya hindari dulu kebiasaan ini ya. Terutama hot pot yang supnya diletakkan di bagian tengah lalu ditambahkan dengan berbagai macam bahan makanan dan dimakan bersama dalam satu wadah yang sama. Tapi kalau kamu benar-benar ingin makan hot pot, sebaiknya makan di wadah masing-masing ya.

Selain itu, usahakan juga untuk memilih area outdoor. Di area ini sirkulasi udaranya lebih bagus dan dapat memberikan kesan lega. Dengan begitu, kamu bisa meminimalisir penyebaran virus Corona dengan lebih baik.

3. Gunakan Masker Saat Memasuki Restoran dan Simpan Ketika Sedang Makan


Gunakan Masker Saat Memasuki Restoran dan Simpan Ketika Sedang Makan

Menggunakan masker merupakan hal yang wajib dilakukan saat beraktivitas di luar rumah selama Pandemi Corona, termasuk saat berkunjung ke restoran. Usahakan juga untuk menggunakan kacamata, topi dan pakaian lengan panjang untuk menghindari kontak kulit dengan pengunjung yang lain atau pelayan di restoran.

Tapi ketika sedang makan, tentu saja kamu harus melepas dan menyimpan masker dengan baik. Letakkan masker tersebut pada tisu bersih lalu bersihkan tangan sebelum mulai makan. Begitu pula ketika akan menggunakan masker kembali, jangan lupa untuk membersihkan tangan terlebih dahulu ya.

4. Tetap Jaga Jarak dan Perhatikan Kondisi Sekitar


Tetap Jaga Jarak dan Perhatikan Kondisi Sekitar

Restoran yang baik akan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 dengan tertib dan disiplin. Karena itulah mereka akan menandai kursi atau meja agar tak bisa ditempati pengunjung. Dengan begitu, jarak antar pengunjung akan tetap terjaga sehingga minim interaksi antara satu sama lain.

Tidak hanya saat menikmati makanan, kamu juga harus menerapkan aturan jaga jarak minimal satu meter dengan pengunjung yang lain saat antre memesan makanan. Bila antrean sedang sangat panjang, ada baiknya untuk menunggu terlebih dahulu sampai cukup sepi baru memesan.

5. Jangan Menyentuh Buku Menu


Jangan Menyentuh Buku Menu

Buku menu merupakan salah satu benda di restoran yang disentuh oleh banyak orang, mulai dari pelayan hingga pengunjung. Oleh sebab itu, sebaiknya cegah penularan virus Corona dengan tidak menyentuh buku menu yang ada di restoran.

Sebagai gantinya, langsung saja pesan makanan favorit kamu jika restoran yang kamu kunjungi adalah tempat langganan. Atau kamu juga bisa bertanya kepada pelayan tentang menu favorit atau menu tertentu yang ingin kamu pesan. Tapi jika kamu benar-benar ingin memilih makanan sendiri di buku menu, pastikan untuk membersihkan tangan setelahnya ya, baik dengan sabun dan air maupun dengan hand sanitizer.

6. Terapkan Etika Batuk dan Bersin


Terapkan Etika Batuk dan Bersin

Diketahui bersama, virus Corona dapat menular melalui droplet atau percikan cairan. Oleh sebab itu, penting untuk selalu menerapkan etika bersin dan batuk di manapun kamu berada, termasuk saat makan di restoran. Selain untuk mencegah penyebaran penyakit secara luas lewat udara, cara ini juga berguna untuk menghindari rasa tidak nyaman dari orang sekitar.

Etika batuk dan bersin yang pertama adalah menutup hidung dan mulut menggunakan tisu atau sapu tangan. Jika tidak ada tisu atau sapu tangan, tutupi batuk dan bersin dengan lengan bagian dalam. Jangan menggunakan jari-jari tangan, apalagi jika tidak segera mencucinya dengan sabun. Setelah itu segera buang tisu yang kamu gunakan dan cuci tangan sampai benar-benar bersih sebelum melanjutkan makan.

7. Selalu Menjaga Kebersihan Tangan


Selalu Menjaga Kebersihan Tangan

Tips aman berikutnya saat makan di restoran pada era new normal adalah dengan menjaga kebersihan tangan. Usahakan untuk selalu mencuci tanganmu menggunakan sabun dan air mengalir selama 20 detik sebelum dan setelah makan.

Jika restoran yang kamu kunjungi tidak memiliki persediaan air yang memadai, sebaiknya gunakan hand sanitizer atau tisu basah untuk membersihkan tangan. Dengan begitu, kamu bisa mencegah penularan virus Corona saat bersantap di restoran pada era new normal.

Demikian tujuh tips aman makan di restoran saat new normal yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahi beberapa tips mencegah penularan virus Corona saat terpaksa menggunakan toilet umum. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui beberapa tips jalan-jalan ke mal di era new normal.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru