Berhenti Gegara Corona, BKN Bocorkan Kapan SKB CPNS 2019 Akan Digelar
Nasional

Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS 2019 terpaksa ditunda sementara karena pandemi virus Corona. Belakangan BKN pun membocorkan SKB akan kembali dilanjutkan, kapan?

WowKeren - Pelaksanaan seleksi kompetensi bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 diketahui terpaksa berhenti sejenak karena pandemi virus Corona. Saat ini peserta baru sampai tahap pengumuman hasil seleksi kompetensi dasar (SKD) dan menunggu pemberitahuan lebih lanjut terkait pelaksanaan SKB.

Tentu menjadi pertanyaan setiap orang, kapan SKB akan diselenggarakan. Belum lama ini Badan Kepegawaian Negara (BKN) memberikan bocoran.

"Jadwal SKB rencana dilakukan pada akhir Agustus 2020 hingga awal Oktober," tutur Kepala BKN, Bima Haria Wibisana, dalam rapat kerja bersama Komisi II DPR RI di Senayan, Jakarta, Selasa (23/6). "Atau setelah ujian seleksi sekolah kedinasan selesai."

Namun Bima memastikan pelaksanaan SKB CPNS 2019 akan tetap mengedepankan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Serta, jadwal itu masih memungkinkan berubah dengan tetap menyesuaikan status kedaruratan COVID-19 di Indonesia.


Sejauh ini Panitia Seleksi Nasional masih berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 terkait pengadaan SKB. Lokasi ujiannya pun dipilih yang sebisa mungkin meminimalisir pergerakan peserta karena biasanya bisa sampai lintas kabupaten/kota bahkan provinsi.

"Panselnas akan tetapkan lokasi ujian yang meminimalisir pergerakan peserta," terang Bima, dilansir dari Detik Finance. "Karena potensi pergerakan peserta kemungkinan bisa lintas kabupaten/kota, provinsi, atau bahkan harus ke Jakarta."

Saat ini BKN masih dalam tahap penyusunan Surat Edaran baru terkait mekanisme lanjutan seleksi CPNS. Tentu saja tahapan selanjutnya akan disesuaikan dengan anjuran dari Menteri Kesehatan.

"BKN sedang siapkan Surat Edaran Kepala BKN terkait mekanisme seleksi dengan computer assisted test (CAT)," tutur Bima. "Yang kedepankan protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19 sesuai keputusan Menkes tentang panduan pencegahan di tempat kerja perkantoran."

Sebagai pengingat, semestinya seleksi CPNS 2019 berakhir pada Mei 2020 kemarin. SKB sendiri semestinya mulai digelar pada April 2020 dengan mekanisme menyesuaikan masing-masing instansi. Namun pandemi virus Corona menyebabkan seleksi tertunda.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru