Surabaya Catat Rasio Kematian COVID-19 Tertinggi di Indonesia
Getty Images
Nasional

Anggota Tim Pakar Gugus Tugas COVID-19 Dewi Nur Aisyah menjelaskan jika data yang diambil adalah dengan membandingkan kasus kematian per 100.000 populasi penduduk.

WowKeren - Indonesia mencatat kasus positif COVID-19 di angka 49.009 per hari ini, Rabu (24/6) dengan penambahan sebanyak 1.113 kasus dari hari sebelumnya. Data tersebut diambil dari laporan Gugus Tugas Penanganan COVID-19 di 34 provinsi hingga pukul 12.00 WIB siang ini.

Meski secara umum laju kematian akibat virus corona dikatakan menurun, namun masih ada beberapa wilayah yang justru mencatat jumlah kematian yang tinggi.

Anggota Tim Pakar Gugus Tugas COVID-19 Dewi Nur Aisyah menjelaskan jika penggunaan data yang diambil adalah dengan membandingkan kasus kematian dengan jumlah penduduk di suatu wilayah. Dalam hal ini adalah wilayah kabupaten atau kota.

"Untuk membuat analisis yang jauh lebih detail, kita melihat di level kabupaten kota," kata Dewi di Istana Negara, Rabu (24/6). "Kita bisa melihat kota mana dengan jumlah penduduknya, apakah kasus tersebut tinggi di daerahnya."


Untuk detail perbandingannya adalah kasus kematian per 100 ribu populasi penduduk. Jika menggunakan penghitungan seperti yang disebutkan, maka ada lima kota di Indonesia yang memiliki rasio kematian tertinggi.

"Untuk angka kematian kita juga akan melihat berdasarkan jumlah per 100.000 penduduk," ujar Dewi. "Kita bisa lihat yang pertama adalah Kota Surabaya, Banjarmasin, Manado, Jakarta Pusat, dan kelima Makassar."

Dewi menyebutkan jika data tersebut diambil per 21 Juni. Oleh sebab itu, ia mengajak semua berpartisipasi menekan angka penularan yang masih tinggi di daerah-daerah.

"Ini adalah PR kita bersama dan monitoring kita bersama," ujar Dewi. "Bagaimana kita dapat bergerak menuju perbaikan untuk daerah-daerah yang memiliki laju penularan tinggi."

Sementara itu, di antara lima kabupaten yang memiliki laju kematian tinggi, Surabaya menempati urutan pertama dengan rasio 9,8. Lalu ada Banjarmasin (9.4), Manado (8,02), Jakarta Pusat (8,01) dan Makassar (4,9).

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel