Marvel Studios Kena Kritik Soal Praktik Rasisme pada Kru Film
Film

Kritik ini disampaikan oleh aktor kulit hitam Anthony Mackie, yang dikenal sebagai pemeran Sam Wilson alias Falcon di franchise Marvel Cinematic Universe (MCU).

WowKeren - Marvel Studios rupanya juga tak luput dari kritikan soal adanya praktik rasisme pada para kru filmnya. Hal ini diungkapkan oleh Anthony Mackie, yang dikenal sebagai pemeran Sam Wilson alias Falcon di franchise Marvel Cinematic Universe (MCU).

Dalam keterangannya, aktor utama seri "The Falcon and The Winter Soldier" tersebut mengaku bahwa kru film yang direkrut Marvel kurang beragam. Aktor "Avengers: Endgame" tersebut mengaku merasa sangat terganggu dengan fakta bahwa kebanyakan kru hingga pemain didominasi oleh kulit putih.


"Setelah terlibat dalam tujuh film MCU, setiap produser, sutradara, pemeran pengganti, perancang kostum, asisten produksi, setiap orang berkulit putih," kata Mackie, sebagaimana dilansir dari Variety pada Kamis (2/7).

Mackie lantas menjelaskan bahwa hanya film "Black Panther" lah yang mayoritas merekrut kru kulit hitam, mengingat film yang tayang pada 2018 tersebut berlatar Wakanda, yang digambarkan sebagai salah satu negara di benua Afrika. Mulai dari sutradara, pemeran pengganti dan perancang kostum, semuanya merupakan ras kulit hitam.

Akan tetapi, Anthony Mackie menyebut bahwa keputusan Marvel untuk merekrut seluruh kru kulit hitam di "Black Panther" jauh lebih rasis dibandingkan apapun. Aktor yang memulai debutnya di MCU lewat "Captain America: The Winter Soldier" itu menilai Marvel mengklasterkan satu ras dalam satu proyek yang sama, dan mengabaikan mereka di proyek lainnya.

"Itu lebih rasisme dibanding apa pun. Karena bila kalian hanya bisa merekrut orang kulit hitam untuk film orang kulit hitam, apa kalian mengatakan mereka tak cukup baik ketika kalian memiliki pemain dominan kulit putih?" katanya.

Anthony Mackie sendiri pertama bergabung dengan MCU sejak tahun 2014 silam di film "Captain America: Winter Soldier". Sejak itu karakter Falcon yang diperankannya sering muncul dalam film-film MCU. Terakhir ia muncul dalam film "Avengers: Endgame" pada 2019.

Karakternya merupakan salah satu tokoh penting dalam franchise MCU, mengingat bahwa dirinya akan menjadi Captain America selanjutnya setelah Steve Rogers (Chris Evans) memilih pensiun dan mewariskan perisainya.

Dengan ini, Anthony Mackie akan menjadi Captain America berkulit hitam pertama yang akan memulai debutnya di serial "The Falcon and The Winter Soldier". Serial tersebut akan ditayangkan di saluran streaming Disney+ pada Agustus mendatang.

(wk/luth)

You can share this post!

Related Posts