Heboh Isu Jokowi Reshuffle Menteri: Erick Thohir Digeser, Ahok Masuk Kabinet
Nasional
Ancaman Reshuffle Kabinet Jokowi

Tak hanya Komut Pertamina Ahok yang diisukan masuk Kabinet Indonesia Maju, sosok Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) juga disebut-sebut akan menjadi menteri.

WowKeren - Amarah yang ditunjukkan Presiden Joko Widodo terhadap Kabinet Indonesia Maju beberapa waktu lalu terus menjadi pembahasan panas. Apalagi karena Jokowi sempat menyinggung masalah reshuffle yang memunculkan berbagai spekulasi liar.

Salah satu yang belakangan menjadi viral adalah isu soal masuknya Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok ke dalam kabinet, menggantikan Menteri BUMN Erick Thohir. Namun Erick bukan "ditendang" dari kabinet, Jokowi diisukan menggeser sang pengusaha ke kursi Menteri Perdagangan.


Dalam daftar menteri yang tengah viral itu disebutkan nama Agus Suparmanto, yang saat ini menjabat sebagai Mendag, sudah tak lagi ada di kabinet. Yang ikut "dihempas" dari kabinet adalah Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang sedianya digantikan oleh Rachmat Gobel.

Tak hanya itu, sosok Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono juga masuk dalam jajaran menteri baru di Kabinet Indonesia Maju. AHY akan menduduki Kursi Menteri Koperasi dan UKM.

Sementara sisanya masih ditempati oleh sosok-sosok yang sama. Seperti misalnya Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati maupun Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo.

Tak ada kejelasan soal nasib beberapa kementerian yang memang banyak "ditarget" warganet sejak isu reshuffle ini mencuat. Seperti misalnya Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Kendati demikian baru-baru ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menegaskan bahwa narasi ini merupakan isu semata. Kemenkominfo menegaskan bahwa isu yang beredar merupakan hoaks belaka dan belum ada pengumuman resmi dari Jokowi.

"Tidak ada sumber yang jelas informasi mengenai kabar mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menjadi Menteri BUMN," tegas Kemenkominfo lewat situs resminya, dikutip dari CNBC Indonesia, Kamis (2/7). Kemenkominfo juga menegaskan bahwa saat ini Menteri BUMN masih dijabat oleh Erick Thohir.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts