BREAKING: Positif Corona Naik 1.447 Kasus, Angka Kesembuhan Malah Terendah Dalam Sepekan
Nasional

Indonesia kembali mencatatkan kenaikan jumlah kasus positif Corona harian sehingga totalnya ada 62.142 pasien. Namun hal berlawanan justru terjadi pada jumlah kasus sembuhnya.

WowKeren - Indonesia kembali mencatatkan kenaikan jumlah kasus positif Corona harian pada Sabtu (4/7). Dalam rentang 24 jam terakhir hingga pukul 12.00 WIB tadi, tercatat ada 1.447 kasus positif COVID-19 yang dikonfirmasi, sehingga total mencapai 62.142 pasien.

"Hari ini spesimen yang diperiksa adalah 22.992 spesimen. Dari hasil pemeriksaan tersebut kita dapatkan jumlah kasus konfirmasi positif baru sebanyak 1.447, sehingga total positif sekarang menajdi 62.142," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto, di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta.

BREAKING: Positif Corona Naik 1.447 Kasus, Angka Kesembuhan Malah Terendah Dalam Sepekan-1

Twitter/BNPB

Setidaknya kenaikan hari ini tidak sampai memecahkan rekor nasional yang dicatatkan pada Kamis (2/7) lalu dengan lebih dari 1.600 kasus. Mirisnya kenaikan tersebut tak tercermin dalam data kasus sembuh, yang malah hari ini menunjukkan penurunan yang cukup signifikan.

Pada data Jumat (3/7) kemarin, ada 901 pasien yang dikonfirmasi sembuh. Namun hari ini hanya 651 pasien yang dinyatakan sudah negatif terjangkit COVID-19 dan menjadi yang terendah selama bulan Juli 2020. Dengan demikian total ada 28.219 kasus sembuh yang sudah dikonfirmasi.

BREAKING: Positif Corona Naik 1.447 Kasus, Angka Kesembuhan Malah Terendah Dalam Sepekan-2

Twitter/BNPB


Penyumbang terbesar kasus sembuh hari ini adalah DKI Jakarta dengan 268 orang. Ibu Kota pun menjadi salah satu dari 8 provinsi yang mencatatkan lebih banyak pasien sembuh ketimbang kasus positif baru.

"Dilaporkan untuk kasus meninggal ada 53 orang. Sehingga total meninggal menjadi 3.089 orang," lanjut Yuri dalam konferensi persnya. Jawa Timur pun menjadi daerah dengan kasus meninggal terbanyak untuk hari ini, yakni mencapai 27 kasus, disusul Jawa Tengah dengan 15 kasus di belakangnya.

Jatim juga masih menjadi provinsi dengan kasus positif harian terbanyak, yakni mencapai 413 pasien. Angka ini bahkan 2 kali lipat lebih tinggi ketimbang DKI Jakarta yang berada di urutan kedua Indonesia dengan 223 kasus, diikuti Sulawesi Selatan (195 kasus), Jateng (110 kasus), dan Bali (91 kasus).

BREAKING: Positif Corona Naik 1.447 Kasus, Angka Kesembuhan Malah Terendah Dalam Sepekan-3

Twitter/BNPB

Meskipun mencatatkan penurunan dari segi jumlah kasus sembuh, Yuri menuturkan optimisme Indonesia bisa menang atas wabah Corona masih sangat tinggi. Pasalnya saat ini kebanyakan kasus positif yang masih aktif berstatus mengalami gejala klinis ringan dan tak terindikasi perlu dirawat di rumah sakit.

Namun Yuri juga mengingatkan wabah ini bisa dientaskan apabila masyarakat aktif mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. Seperti misalnya dengan rajin mengenakan masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan sesuai kaidah yang baik dan benar.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru