Tiongkok Tangguhkan Impor Daging dari Brasil Akibat Khawatir Terkontaminasi Corona
Dunia

Sejak wabah virus corona menulari ratusan pegawai penjagalan di Brasil, Tiongkok memang sudah menangguhkan impor dari enam pabrik di negara Amerika Latin tersebut.

WowKeren - Tiongkok menangguhkan impor dari dua pabrik pengolahan daging babi Brasil. Berdasarkan badan bea cukai Tiongkok, larangan sementara diberlakukan bagi impor produk JBS SA dan BRF SA. Hal itu disebabkan kekhawatiran mengenai penyebaran virus corona (COVID-19).

Badan bea cukai Tiongkok, General Administration of Customs Tiongkok (GACC), pada Senin (6/7) mengunggah pengumuman dalam situs resmi mereka. Impor dari pabrik BRF di Lajeado dan pabrik JBS di Tres Passos dihentikan sementara.

Keduanya berada di selatan negara bagian Rio Grande do Sul. Unggahan tersebut hanya mengidentifikasi nomor registrasi pabrik dan tidak menyebutkan alasan penangguhan.

Saat ini Brasil adalah negara kedua yang paling terdampak virus corona setelah Amerika Serikat. Adapun Tiongkok sendiri merupakan pembeli terbesar daging babi, sapi dan ayam dari Brasil.


Sejak wabah virus corona menulari ratusan pegawai penjagalan di Brasil, Tiongkok memang sudah menangguhkan impor dari enam pabrik di negara Amerika Latin tersebut. Tiongkok juga sudah meminta eksportir daging seluruh dunia untuk mencantumkan sertifikat bebas virus corona pada produk mereka. BRF, JBS dan pabrik pengolahan daging di Brasil sudah melakukan itu.

BRF mengatakan tidak diberitahu mengenai larangan impor sementara itu. Hal ini pun baru mereka ketahui melalui situs GACC. Tapi perusahaan tersebut mengatakan sudah bekerja sama dengan pihak berwenang Brasil dan Tiongkok untuk mengembalikan ekspor seperti semula secepatnya.

Dalam pernyataanya, JBS mengatakan mereka tidak akan mengomentari keputusan tersebut. Namun sudah mengambil berbagai langkah untuk memastikan kualitas produk dan melindungi karyawan mereka.

Kini Brasil berada di posisi kedua sebagai negara dengan jumlah kasus COVID-19 tertinggi setelah Amerika Serikat. Hingga berita ini dirilis, Brasil memiliki 1,604,585 kasus COVID-19, dengan sebanyak 64,900 kematian dan 424,928 pasien berhasil sembuh.

Sedangkan secara global pandemi virus corona telah menginfeksi lebih dari 11,5 juta jiwa di seluruh dunia. Angka kematian akibat virus ini mencapai lebih dari 536 ribu, dan pasien sembuh menyentuh angka 6,5 juta jiwa. Saat ini, kasus aktif COVID-19 dilaporkan mencapai 4,488,221 pasien.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait