Kades Bantah Baduy Ingin Dicoret dari Destinasi Wisata RI
Nasional

Saija menilai seharusnya usulan juga dikomunikasikan dengan Dinas Pariwisata Lebak ataupun Pemprov Banten. Sebab, jika pariwisata Baduy ditutup justru akan merugikan.

WowKeren - Kepala Desa Kanekes atau kepala desa Baduy untuk urusan pemerintahan, Jaro Saija, buka suara mengenai isu penutupan pariwisata di sana. Ia membantah usulan tersebut.

Jaro mengaku tidak diajak bicara atas usulan itu. Seperti diketahui sebelumnya, masyarakat adat Baduy mengirim surat terbuka pada Presiden Joko Widodo untuk menghapus kawasan adat Baduy sebagai destinasi wisata. Namun, permohonan itu juga belum disampaikan ke pimpinan adat tertinggi atau puun.

"Belum dimusyawarahkan jaro tangtu, puun, kepala desa," kata Saija di Lebak, Senin (6/7). "Harusnya kan musyawarah dulu mana yang bagusnya, harusnya seperti itu."

Akibat adanya pandemi, Baduy memang ditutup untuk sementara. Selama pandemi tidak boleh ada pengunjung yang datang. Jikalau ada maka harus membawa surat sehat.

"Kalau yang bicara menutup seba (kunjungan) atau pariwisata, saya mah nggak tahu," ujar Saija. "Nggak ngomong sama yang lain, saya nggak."


Terkait usulan tersebut, Saija menilai seharusnya juga dikomunikasikan dengan Dinas Pariwisata Lebak ataupun Pemprov Banten. Sebab, jika pariwisata Baduy ditutup justru akan merugikan.

"Nggak (musyawarah). Itu nggak tahu bicaranya di mana," tegas Saija lagi. "Saya tahu lihat berita itu yang tadi banyak yang nggak bener saya rasakan. Soalnya Itu bicaranya ada yang dirugikan, nanti kalau itu ketakutan saya dijelekkan, dirugikan."

Lebih lanjut, Saija mengatakan jika Baduy memang tidak setuju daerahnya dijadikan obyek wisata. Namun karena adat istiadat masih dipertahankan, maka wisatawan masih tetap bisa berkunjung.

Sebelumnya, Jaro Saidi yang merupakan salah satu Pemangku Adat di Baduy mengatakan bahwa kehidupan masyarakat Baduy mulai terusik. Hal ini tak lepas dari masifnya eksploitasi wilayah Baduy yang tersebar di media sosial.

"Ketenangan mereka terusik karena foto-foto kawasan Baduy yang menggambarkan aktivitas sehari-hari mereka sudah tersebar di internet," ungkap Saidi yang diberi mandat memberikan surat kepada Jokowi. "Bahkan orang orang bisa dengan mudah mencari informasi tentang Baduy di internet."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru