Banyak PNS 'Mubazir', Pemerintah Bakal Tiadakan Seleksi CPNS Selama 2 Tahun
Nasional

MenPAN-RB Tjahjo Kumolo mengungkapkan bahwa pemerintah tak akan membuka seleksi CPNS untuk 2 tahun ke depan. Pemerintah mengaku akan fokus mendata terlebih dahulu kebutuhan PNS Indonesia.

WowKeren - Beberapa waktu lalu Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo mengungkap bahwa banyak pegawai negeri sipil (PNS) yang tak efektif. Kebanyakan dari PNS itu menempati jabatan administrasi alih-alih posisi fungsional lain.

Bahkan Tjahjo pernah menyebut PNS Indonesia saat ini "too many but not enough" alias terlalu banyak tetapi tidak efisien. Oleh karena itu Tjahjo menyampaikan bakal melakukan "bersih-bersih" dan efisiensi PNS, termasuk dengan meniadakan seleksi CPNS selama 2 tahun ke depan.

Mantan Menteri Dalam Negeri itu menyebut penerimaan PNS saat ini akan disesuaikan dengan kebutuhan. Artinya pihaknya akan benar-benar ketat dengan melihat data kebutuhan terlebih dahulu sebelum membuka seleksi penerimaan CPNS.

Namun kebijakan ini tak berlaku sepenuhnya. Dilansir dari Kompas, ada pengecualian yakni untuk penerimaan sekolah kepolisian (Akpol) dan militer (Akmil) yang tetap akan dilaksanakan.


"Rekrutmen CPNS, dua tahun ini enggak ada," ujar Tjahjo di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (6/7). "Kecuali kedinasan yang memang sudah terprogram. Akpol, Akmil tetap (dilaksanakan) di 2021."

Selain untuk efisiensi birokrasi seperti arahan Presiden Joko Widodo, tak diadakannya penerimaan CPNS ini juga masih sebagai imbas pandemi virus Corona. Pasalnya peniadaan seleksi CPNS dapat memangkas anggaran cukup besar.

Kendati demikian, untuk seleksi CPNS formasi 2019 yang masih tertunda sampai saat ini akan tetap dilanjutkan hingga tahap akhir. "Tahap ini kami target selesai akhir tahun," terang Tjahjo, dikutip pada Selasa (7/7).

Terkait dengan pelaksanaan tahap lanjutan seleksi CPNS 2019, yakni Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), akan diadakan pada Agustus 2020 mendatang. Nanti tes lanjutannya akan dilanjutkan sampai awal Oktober 2020.

Namun demikian, sampai sekarang belum ada jadwal pasti kapan pelaksanaan SKB tersebut. Pasalnya saat ini Badan Kepegawaian Negara (BKN) masih fokus dalam menyelesaikan proses tes seleksi kompetensi dasar (SKD) sekolah kedinasan yang diadakan sejak 1 Juli 2020.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru