Hal Ini yang Bikin Telkom Akhirnya Resmi Cabut Blokir Netflix
Nasional

Netflix sendiri telah masuk ke Indonesia sejak 2016 silam. Namun tak berselang lama, Telkom memblokir Netflix sehingga para pelanggannya tidak dapat mengakses layanan streaming video tersebut.

WowKeren - Telkom Group resmi membuka blokir terhadap platform streaming video Netflix. Mulai Selasa (7/7) hari ini, pengguna layanan internet Telkom seperti Telkomsel dan IndiHome sudah bisa mengakses Netflix tanpa harus menggunakan VPN.

Alasan pencabutan blokir ini adalah Netflix yang dianggap telah menunjukkan komitmennya untuk dapat diterima masyarakat Indonesia. Komitmen tersebut ditunjukkan dengan cara memastikan ketersediaan fitur pembatasan akses atas tayangan sensitif dan ketidaksesuaian umur bagi pelanggan, seperti parental control.

"Telkom mengapresiasi perubahan pendekatan yang dilakukan Netflix untuk pasar Indonesia," tutur Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo, pada hari ini. "Dan karenanya memberi kesempatan pada pelanggan TelkomGroup untuk dapat mengakses beragam konten hiburan."

Tak hanya itu, Netflix juga telah menyediakan mekanisme untuk menangani keluhan pelanggan. Termasuk juga mendengar masukan dan bersedia menyelesaikan keluhan dari pemerintah atau regulator dalam waktu 24 jam atau sesuai dengan kurun waktu yang ditentukan oleh pihak yang berwenang.


Di samping itu, Netflix juga telah menyepakati komitmen kepatuhan pada "Self Regulatory Code for Subscription Video on Demand Industry in ASEAN". Salah satu kesepakatannya adalah tidak menayangkan prohibited content, yaitu konten yang melanggar hak cipta, mengandung pornografi anak, terorisme dan melanggar Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) serta yang mendiskreditkan kelompok masyarakat tertentu.

Dengan alasan-alasan tersebut, Telkom pun menyambut itikad baik Netflix sebagai peluang meningkatkan kualitas layanan melalui ragam konten hiburan. Telkom juga tetap berkomitmen mengedepankan kenyamanan dan perlindungan terhadap pelanggan.

"Kemitraan ini merupakan upaya menumbuhkembangkan bisnis digital serta untuk terus menjaga excellent customer experience TelkomGroup dengan menyediakan berbagai kemudahan dan kenyamanan dalam mengakses konten-konten berkualitas," terang Arif. "Ke depannya Telkom berharap agar Netflix dapat lebih berperan pada kemajuan perfilman nasional dengan memperbanyak tayangan produk konten lokal."

Sebagai informasi, Netflix sendiri telah masuk ke Indonesia sejak 2016 silam. Namun tak berselang lama, Netflix diblokir oleh Telkom, sehingga para pelanggannya tidak dapat mengakses layanan streaming video tersebut.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait