Terungkap 12 Syarat Calon Relawan Uji Klinis Vaksin Corona, Berminat?
Getty Images
Nasional
Vaksin COVID-19

Total ada 12 persyaratan yang wajib dipenuhi relawan uji klinis fase III vaksin antivirus Corona, salah satunya adalah harus berdomisili di Bandung, Jawa Barat. Berikut syarat lengkapnya.

WowKeren - Uji klinis vaksin antivirus Corona produksi perusahaan bioteknologi asal Tiongkok, Sinovac, yang bekerja sama dengan BUMN Bio Farma sedianya digelar mulai Agustus 2020 mendatang. Dibutuhkan setidaknya 1.652 relawan untuk ikut serta dalam uji klinis yang berlangsung selama 6 bulan itu.

Dan baru-baru ini terungkap 12 persyaratan untuk ke-1.652 subjek uji klinis vaksin. Persyaratan itu dibagikan lewat selebaran yang ditujukan bagi siapapun yang berkenan menjadi relawan uji klinis.


Lantas apa sajakah persyaratan yang diajukan oleh tim peneliti untuk para subjek uji klinis? Dilansir dari Tempo, mereka yang berumur 18-59 tahun serta tidak sedang mengikuti uji klinis dan tidak memiliki riwayat terinfeksi COVID-19.

Keempat, dalam 14 hari sebelum penelitian, yang bersangkutan tidak memiliki riwayat kontak dengan pasien COVID-19. Selain itu, calon relawan tidak menunjukkan gejala klinis yang berkaitan dengan COVID-19 serta tidak berdomisili di daerah terdampak.

Syarat lainnya, calon relawan tidak mengalami penyakit ringan, sedang, atau berat, kelainan penyakit kronis, kelainan darah, terutama penyakit infeksi, dan demam. Sedangkan keenam, subjek uji bukan wanita hamil, menyusui, atau berencana hamil selama penelitian.

Persyaratan ketujuh, relawan yang tidak memiliki riwayat asma dan alergi terhadap vaksin. Kedelapan, tidak memiliki riwayat penyakit pembekuan darah. Kesembilan, tidak punya penyakit kronis, seperti jantung, diabetes, darah tinggi yang tidak terkontrol, tumor epilepsi dan penyakit gangguan saraf lain.

Syarat kesepuluh, calon relawan tidak memiliki riwayat penyakit gangguan sistem imun dan selama 4 pekan terakhir tidak menjalani terapi yang akan berpotensi mengganggu sistem imun. Sedangkan syarat kesebelas adalah yang bersangkutan tak menerima imunisasi apapun selama sebulan belakangan atau akan divaksinasi selama sebulan ke depan.

Sedangkan syarat terakhir adalah relawan wajib berdomisili di Bandung, Jawa Barat serta tidak berencana pindah selama penelitian berlangsung. Bagi yang berminat diharapkan untuk langsung menghubungi rumah sakit terdekat atau langsung ke pusat yakni RS Hasan Sadikin Bandung.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts