Hampir 2 Bulan Berjalan, PSBB Transisi Jakarta Dinilai Belum Efektif Karena Ini
Getty Images
Nasional

Meskipun sudah ada kebijakan PSBB transisi, namun hal ini dinilai kurang bisa berjalan maksimal karena masih adanya warga yang beraktivitas keluar masuk Jakarta.

WowKeren - Tak terasa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi di DKI Jakarta telah berjalan hampir dua bulan lamanya. Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menerapkan PSBB transisi sejak 5 Juni lalu.

Pakar Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), Pandu Riono, menyebutkan jika penerapan PSBB transisi Jakarta tidak begitu membawa perubahan. Sehingga kondisi sebelum dan saat PSBB transisi tidak banyak berubah.

"Sama saja," kata Pandu dilansir Detik, Rabu (29/7). "Sejak awal pelonggaran sampai sekarang tidak banyak perubahan. Kondisinya hanya mempertahankan saja."

Ia menilai jika PSBB transisi Jakarta hanya sekadar mampu menahan kondisi wabah COVID-19 di Jakarta supaya tidak menjadi jauh lebih buruk. Namun belum bisa dikatakan jika kebijakan ini mampu menurunkan tingkat reproduksi penularan corona.


Tingkat reproduksi penularan corona masih berada di sekitar angka 1. Yang mana ini artinya, penularan masih terjadi. Suatu daerah dikatakan aman dari penularan corona jika angka reproduksi efektifnya lebih kecil dari 1. "Angka reproduksi efektif (Rt) tidak berubah, masih di angka sekitar 1," ujarnya.

Lalu, kasus penularan corona masih marak di ibu kota karena banyaknya masyarakat yang keluar masuk Jakarta. Meskipun sudah ada kebijakan PSBB transisi, namun hal ini kurang bisa berjalan maksimal karena masih adanya mobilitas penduduk.

"Sebenarnya, PSBB kemarin itu tidak efektif karena penduduk bergerak terus," ujarnya melanjutkan. "Tapi, tidak mungkin PSBB kembali lagi. Maka ya sudah, harus diganti 3M yang dipatuhi 100 persen penduduk."

3M sendiri merupakan protokol kesehatan yang selama ini sudah sering digencarkan. Yakni menggunakan masker, mencuci tangan, hingga menjaga jarak.

Sementara itu, PSBB transisi fase I telah diperpanjang sampai Kamis (30/1) besok. Untuk selanjutnya, masih belum diketahui apakah PSBB ini akan diperpanjang lagi atau beralih ke PSBB transisi fase II. Jika PSBB fase II mulai berjalan, maka artinya akan ada lebih banyak sektor publik yang boleh beroperasi di Jakarta.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru