Sandiaga Uno Sebut Indonesia Sudah Pasti Masuk 'Jurang' Resesi
Getty Images
Nasional

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno menyatakan jika perekonomian di Indonesia sudah pasti akan masuk ke dalam ‘jurang’ resesi. Ini penjelasannya.

WowKeren - Presiden Joko Widodo telah menyatakan kecemasannya terhadap ancaman resesi yang berpotensi dialami Indonesia. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno lantas mengatakan jika Indonesia sudah pasti akan masuk dalam jurang resesi.

Sandi yang sebelumnya digadang-gadangkan akan menjadi menyatakan Ketua Gugus COVID-19 ini begitu meyakini pernyataannya. Ia bahkan membeberkan jika kabar negatif mengenai pertumbuhan ekonomi di Indonesia dalam dua kuartal akan diumumkan pada 5 Agustus 2020 mendatang.

Sandi kemudian meminta seluruh pihak untuk membantu memberikan sosialisasi dan memberikan edukasi UMKM di setiap daerah. Hal ini dilakukan agar masyarakat Indonesia dapat siap dalam menghadapi resesi yang akan segera diumumkan dalam dua hari terakhir.

”Saya mohon bantuan dari teman-teman di sini untuk mensosialisasikan dan mengedukasi UMKM di daerah, bahwa resesi sebentar lagi masuk di Indonesia,” jelas Sandi seperti dilansir dari Kumparan, Minggu (2/8). “Tanggal 5 Agustus akan ada pengumumannya. Karena kita sudah hampir bisa memastikan kita memasuki resesi.”


Lebih lanjut Sandi menjelaskan jika potensi resesi dapat menganggu dan melemahkan permintaan ataupun produksi. Akibatnya, hal ini akan berdampak langsung terhadap sektor UMKM.

Politikus Partai Gerindra ini juga turut memprediksi jika pertumbuhan ekonomi di Indonesia pada kuartal II ini akan mengalami kontraksi cukup parah. Menurutnya, kontraksi itu bahkan dapat mencapai minus 6 persen atau lebih tinggi dari prediksi pemerintah.

”Di kuartal II 2020 ini, saya prediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia berpotensi besar mengalami kontraksi,” papar Sandi. “Bahkan hingga minus 6 persen jika sektor konsumsi belum pulih karena pelemahan daya beli masyarakat.”

Oleh sebab itu, Sandi menyarankan agar pemerintah segera mempercepat realisasi program pemulihan ekonomi nasional (PEN). Program ini dinilai dapat mengurangi dampak dari resesi, seperti realisasi anggaran kesehatan, bantuan sosial, serta insentif untuk UMKM.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait