Klaster Baru COVID-19 Ditemukan di Kapal Pesiar, Para Kru dan Penumpang Positif Terinfeksi
Dunia

Penemuan klaster di kapal pesiar itu bermula ketika empat anggota kru didiagnosis mengidap penyakit pernapasan saat tiba di pelabuhan Tromsoe, yang kemudian dinyatakan positif COVID-19.

WowKeren - Sebanyak 40 kru dan penumpang kapal pesiar mewah asal Norwegia dinyatakan positif terinfeksi COVID-19 pada Minggu (2/8) waktu setempat. Saat ini otoritas setempat tengah melakukan pelacakan terhadap para penumpang yang telah turun.

Penemuan klaster di kapal pesiar bernama MS Roald Amundsen itu bermula ketika empat anggota kru didiagnosis mengidap penyakit pernapasan saat tiba di pelabuhan Tromsoe pada Jumat (31/7) waktu setempat. Setelah melakukan pemeriksaan, mereka dinyatakan positif COVID-19.

Bukan hanya itu. Sebanyak 32 dari 158 awak kapal lainnya turut dinyatakan tertular virus corona. Sementara para kru dikarantina di kapal, terdapat 178 penumpang yang turun saat MS Roald Amundsen tiba di pelabuhan Tromsoe. Otoritas Norwegia pun segera meluncurkan operasi pelacakan.

Menurut Institut Kesehatan Masyarakat Norwegia (FHI), sejauh ini terdapat empat dari 387 penumpang gabungan yang bepergian dengan dua kapal pesiar terpisah sejak 17 Juli ditemukan mengidap COVID-19. "Kami berharap bahwa lebih banyak infeksi akan ditemukan sehubungan dengan wabah ini," ujar eksekutif senior FHI Line Vold, sebagaimana dikutip dari Republika.


FHI mengaku telah mengirim pesan kepada semua penumpang kapal. FHI tengah berusaha memverifikasi apakah para penumpang telah menerima dan memahami pesan yang mereka kirim. "Kami bekerja keras untuk menahan wabah ini untuk membatasi penyebaran pada populasi umum," kata dokter kepala Tromsoe, Kathrine Kristoffersen.

Di sisi lain, MS Roald Amundsen dijadwalkan untuk berlayar di sekitar kepulauan Inggris pada September mendatang. Kapal diagendakan berlabuh di pelabuhan di Inggris dan Skotlandia. The Hurtigruten, pemilik MS Roald Amundsen dan 15 kapal lainnya, merupakan pihak pertama yang memulai kembali kegiatan kapal pesiar pada Juni lalu setelah tiga bulan ditangguhkan akibat pandemi.

Sebagai informasi tambahan, sejauh ini Norwegia telah mencatat sebanyak 9,268 kasus COVID-19 berdasarkan data statistik Worldometers.info. Dari jumlah tersebut, ada sekitar 255 pasien yang dinyatakan meninggal dunia, sedangkan 7,424 dikonfirmasi sembuh. Saat ini, masih ada lebih dari seribu kasus COVID-19 yang ditangani oleh Indonesia.

Sedangkan secara global, tercatat ada lebih dari 18,2 juta kasus COVID-19 di seluruh dunia, dengan 692,973 angka kematian. Ada lebih dari 11 juta pasien yang dinyatakan telah pulih sehingga saat ini kasus aktif COVID-19 menyentuh angka 6,099,557 orang.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait