Dimulai Hari Ini, Begini Tahapan Uji Klinis Fase III Vaksin Corona Sinovac
Sinovac
Nasional
Vaksin COVID-19

Uji klinis fase III vaksin Corona buatan perusahaan Sinovac asal Tiongkok dimulai hari Selasa (11/8). Bertempat di Bandung dan melibatkan sampai 1.620 relawan, begini tahapan uji klinis ini.

WowKeren - Uji klinis fase III vaksin Corona buatan perusahaan bioteknologi Sinovac asal Tiongkok akan dimulai Selasa (11/8) hari ini. Dibutuhkan sampai 1.620 relawan dan berlokasi di 6 titik di Kota Bandung, sedianya uji klinis akan berlangsung selama setengah tahun.

Namun yang menjadi pertanyaan besar, seperti apakah tahapan uji klinis yang juga diikuti oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai relawan ini? Dikutip dari Kumparan, rupanya ada setidaknya 5 tahap utama pengujian ini.

Kelima tahapan ini disebut sebagai fase visit relawan. Jadi maksudnya relawan uji klinis vaksin diminta hadir ke lokasi dalam 5 kesempatan ini untuk menjalani sejumlah proses. Selebihnya relawan diperkenankan untuk beraktivitas normal seperti biasa.

Tahap pertama, atau disebut sebagai V0 terjadi pada hari ke-0 alias hari ini. Tahapan ini meliputi edukasi, pemeriksaan kesehatan, dan swab test atau tes PCR.

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, hanya relawan dengan hasil tes PCR negatif yang berhak lanjut ke tahapan selanjutnya. Sedangkan yang positif akan dirujuk ke pemeriksaan dan isolasi lebih lanjut.


Kemudian kedua alias V1, terjadi pada Kamis (13/8) mendatang. Pada tahap ini relawan akan mendapatkan hasil tes PCR-nya, lalu lanjut menjalani rapid test, baru sesudahnya mendapatkan vaksinasi.

Tahap ketiga, atau V2, adalah pemberian vaksin yang kedua kali. Tahapan ini akan dilakukan pada V1+14 hari, atau sekitar Kamis (27/8) atau Jumat (28/8) dua pekan mendatang.

Tahap keempat, dikenal sebagai V3, adalah pengambilan sampel darah kedua. Tahapan ini sedianya dilakukan pada V2+14 hari, atau sekitar tanggal 10 atau 11 September 2020. Pengambilan sampel darah untuk kemudian diperiksa terkait efektivitas vaksin.

Tahap terakhir atau V4 akan terjadi pada V2+6 bulan, dengan demikian jatuh pada sekitar akhir Januari 2021 tahun depan. Pada tahap ini, relawan akan kembali diambil sampel darahnya untuk diperiksa lebih lanjut.

Bila keseluruhan tahap uji klinis ini memberikan hasil yang baik, maka vaksin buatan Sinovac bisa diproduksi dan segera diedarkan ke masyarakat. Namun uji klinis ini tak hanya diamati di Indonesia tetapi juga di beberapa negara lain dan harus menunjukkan hasil yang selaras.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts