Pemerintah Gratiskan Listrik Sampai Akhir Tahun Imbas Pandemi Corona, Ini Syaratnya
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Pandemi virus Corona menyebabkan pemerintah kembali menyediakan stimulus diskon tarif listrik khusus untuk pelanggan 450 VA dan 900 VA. Seperti ini penjelasan lengkapnya.

WowKeren - Pandemi COVID-19 menyebabkan kondisi perekonomian masyarakat Indonesia cukup kolaps. Alhasil sejumlah stimulus diberikan untuk membantu terutama masyarakat menengah ke bawah, termasuk diskon tarif listrik.

Bahkan kali ini pemerintah memperpanjang pemberlakuan diskon tagihan listrik untuk pelanggan rumah tangga golongan 450 VA dan 900 VA sampai Desember 2020. Untuk pelanggan 450 VA dikenai diskon 100 persen, sedangkan 900 VA dikorting 50 persen. Kebijakan ini sendiri semestinya berakhir pada September 2020.

Hal ini turut dibenarkan oleh Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Rida Mulyana. "Kami memutuskan untuk memperpanjang sampai akhir tahun untuk program ini," kata Rida dalam video konferensi, Selasa (11/8).

Lebih lanjut dijelaskan Rida, sebanyak 24,6 juta pelanggan 450 VA menjadi sasaran program ini. Sedangkan untuk pelanggan 900 VA mencapai 7,72 juta rumah tangga.


"Kami sudah bahas kira-kira anggaran yang kemudian diperlukan oleh pemerintah itu kurang lebih Rp 12,18 triliun," ujar Rida, dilansir dari CNN Indonesia. "Dan ini sudah kemarin disepakati di angka itu khususnya dengan Kementerian Keuangan."

Rida membenarkan bahwa perpanjangan ini merupakan yang kedua kali untuk program diskon tarif listrik. Sebelumnya pemerintah sudah memperpanjang program itu dari membantu hanya tiga bulan menjadi enam bulan. Perpanjangan ini dilakukan melihat kondisi masyarakat Indonesia yang masih belum stabil diguncang wabah virus Corona.

"Kami melakukan evaluasi dengan pelaksanaan di lapangan yang kemudian kami dapat informasi bagaimana kesulitan program pemerintah ini dilakukan di lapangan," terang Rida. "Awalnya ada beberapa kendala tapi ada koordinasi dengan pemangku kepentingan alhamdulilah satu per satu kendala kami bisa lalui bersama."

Diskon ini pun diberikan merata, baik bagi pelanggan prabayar maupun pascabayar. Untuk pelanggan prabayar sendiri akan mendapatkan token gratis setara pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Untuk mengakses bantuannya bisa lewat dua cara. Yang pertama dengan mengakses situs resmi www.pln.co.id., sedangkan kedua dengan menggunakan WhatsApp.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts