Heboh Logo HUT RI Ke-75 Dikira Salib, Kemensetneg Beberkan Makna Aslinya
Nasional
HUT RI ke-75

Masyarakat dibuat geger dengan unsur salib di logo HUT Indonesia ke-75. Padahal seperti ini makna setiap elemen logo tersebut sesuai penjelasan Kementerian Sekretariat Negara.

WowKeren - Logo HUT Indonesia yang ke-75 tahun tengah menjadi sorotan nasional. Pasalnya sejumlah pihak menuding logo tersebut mengandung unsur salib, bahkan sampai membuat kata kunci terkait menjadi trending topic Indonesia.

Pihak Istana Kepresidenan pun sudah memberikan klarifikasinya soal logo bak salib tersebut. Pada kesempatan berbeda, Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) pun membeberkan makna dari tiap elemen logo tersebut.

Yang pertama, angka 75 di dalam perisai itu menyerupai lambang Garuda Pancasila. Setiap garis yang membentuk angka 75 pun memiliki maknanya tersendiri, seperti garis mendatar di angka 7 yang menunjukkan pemerataan ekonomi dan kualitas hidup untuk seluruh rakyat Indonesia.

Heboh Logo HUT Ke-75 RI Dikira Salib, Kemensetneg Beberkan Makna Aslinya-1

Kemensetneg

Sedangkan garis melengkung pada angka 7 menunjukkan progres pembangunan Indonesia yang berlangsung dinamis. Garis tiga perempat lingkaran pada angka 5 menunjukkan regenerasi, kerja yang konsisten, serta progres yang nyata dalam bekerja. Bila digabungkan, menunjukkan kesatuan Indonesia sebagai negara yang mampu menjaga dan mengamankan bangsa.


Heboh Logo HUT Ke-75 RI Dikira Salib, Kemensetneg Beberkan Makna Aslinya-2

Kemensetneg

Kemudian terdapat pula logo "Bangga Buatan Indonesia" dengan sentuhan warna merah dan putih. Bentuk tangan saling merangkul di sana menunjukkan rasa cinta terhadap produk Indonesia sekaligus kesatuan yang ada.

Heboh Logo HUT Ke-75 RI Dikira Salib, Kemensetneg Beberkan Makna Aslinya-3

Kemensetneg

Makna garis yang membentuk angka 75 tadi kemudian dijabarkan lebih lanjut ke dalam 10 elemen. Mereka meliputi fokus, kemajuan, global, merata, kokoh, progres, efisien, gotong royong, maritim, dan berkembang yang bisa disusun dalam beberapa supergraphic sesuai keperluan.

Heboh Logo HUT Ke-75 RI Dikira Salib, Kemensetneg Beberkan Makna Aslinya-4

Kemensetneg

Dengan 4 elemen, yakni angka 75, tulisan "Indonesia Maju", "Bangga Buatan Indonesia", dan supergraphic angka 75 disusun membentuk template menyesuaikan desain. Kemensetneg pun memberikan beberapa contoh desain yang menggabungkan keempat elemen tersebut.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts