Peneliti Ungkap Reaksi 21 Relawan Yang Sudah Disuntik Vaksin Corona Sinovac
Nasional
Vaksin COVID-19

Tim peneliti vaksin COVID-19 buatan Sinovac, Tiongkok membeberkan reaksi yang dialami para relawan pasca disuntik Selasa (11/8) kemarin. Seperti ini penjelasan selengkapnya.

WowKeren - Sebanyak 21 relawan sudah disuntik vaksin Corona buatan perusahaan bioteknologi Sinovac asal Tiongkok. Hal ini merupakan bagian dari tahapan uji klinis fase III vaksin yang dilaksanakan di Kota Bandung, Jawa Barat sejak Selasa (11/8) kemarin.

Lantas bagaimanakah reaksi dari para relawan pasca disuntik vaksin yang masih dalam tahap uji coba itu? "Sampai sekarang tidak ada yang mengeluh," ungkap Manajer Lapangan Uji Klinis Vaksin COVID-19 Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran, Eddy Fadlyana, Jumat (14/8).

Usai penyuntikan kemarin, tim peneliti mengaku menyediakan waktu sekitar 30 menit untuk menilai reaksi lokal di tempat suntikan. Selama selang waktu itu pula peneliti memeriksa reaksi sistemik relawan terhadap injeksi vaksin, dalam hal ini ditunjukkan lewat dinamika suhu badan seperti demam.

Dan ternyata, ke-21 relawan ini mengalami reaksi ringan seperti nyeri di tempat suntikan. Hanya saja rasa nyeri itu perlahan-lahan hilang.


Juru Bicara Tim Uji Klinis Vaksin COVID-19 dari FK Unpad, Rodman Tarigan, menegaskan kondisi kesehatan para relawan akan terus dipantau oleh petugas. Pemantauan ini dilakukan selama setidaknya 6 bulan ke depan, sesuai timeline uji klinis vaksin. "Sudah diberitahukan ke relawan, kalau ada hal-hal yang tidak nyaman segera hubungi tim," tegas Rodman.

Sebelumnya seorang relawan bernama Fadly Barjadi Kusuma (32) juga sempat membeberkan reaksi tubuhnya 24 jam pasca diberi suntikan vaksin COVID-19. Relawan yang berprofesi sebagai mitra ojek daring ini mengaku tak mengalami efek samping apa-apa 24 jam pasca disuntik, seperti demam atau bengkak pada bekas suntikan.

Namun Fadly membenarkan adanya satu kondisi yang secara mengejutkan dialaminya. Rupanya sang driver ojol merasakan kantuk yang luar biasa hebat, namun ia tidak tahu apakah itu efek vaksin atau bukan.

"Cuma sorenya, kemarin, lima jam setelah penyuntikan, saya merasa ngantuk sekali. Ngantuknya enggak biasa," kata Fadly, Rabu (12/8). "Saya tidurin, pulas. Bangun-bangun tadi pagi dibangunin istri. Enggak tahu apakah efek samping atau bukan."

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts