Fokus Basmi Corona Di Jawa, Doni Monardo Klaim Bisa Musnahkan 74 Persen Kasus Tanah Air
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Ketua Satgas COVID-19 Doni Monardo menyatakan fokus membasmi virus corona di Pulau Jawa, klaim cara tersebut dapat memusnahkan hingga 74 persen kasus di Indonesia.

WowKeren - Indonesia telah melaporkan kenaikan kasus virus corona sebanyak 2.345 pasien dalam sehari pada Sabtu (15/8). Dengan tambahan ini, total sudah ada 137.468 kasus di Tanah Air. Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19, Doni Monardo lantas membeberkan terkait upaya penanganan pandemi di Indonesia.

Doni menyatakan jika pemerintah terus fokus melakukan berbagai cara untuk menekan laju penyebaran virus corona, khususnya di Pulau Jawa. Ia mengatakan Pulau Jawa menjadi prioritas lantaran sebagain besar kasus COVID-19 di Indonesia berasal dari sana.

Menurut Doni, kasus COVID-19 di Indonesia dapat berkurang hingga 74 persen jika penyebaran virus di Pulau Jawa selesai. Ia juga menyampaikan jika Presiden Joko Widodo telah berpesan pada Satgas COVID-19 untuk fokus menangani pandemi di wilayah-wilayah yang paling berisiko tinggi penularannya.

”Jadi, kalau kita bisa menyelesaikan masalah kesehatan (virus Corona) di Pulau Jawa,” ujar Doni di akun YouTube FMB9ID_IKP, Sabtu (15/8). “Berarti kita bisa mengurangi sekitar 74 persen kasus yang terjadi di Tanah Air.”


”Oleh karenanya, Bapak Presiden telah memerintahkan kami untuk fokus pada daerah-daerah yang memiliki risiko besar,” sambungnya. “Pulau Jawa adalah salah satu daerah dengan risiko yang paling tinggi.”

Kepala BNPB ini menjelaskan jika Pulau Jawa selama ini juga menjadi wilayah yang memiliki kontribusi ekonomi terbesar di Indonesia. Oleh sebab itu, pandemi virus corona yang menghantam Pulau Jawa tidak hanya mengancam kesehatan saja namun juga berpotensi melumpuhkan perekonomian Tanah Air.

”Tadi sudah saya jelaskan bahwa sekali lagi upaya-upaya kita dalam melakukan suatu terobosan ini betul-betul menjurus kepada perubahan perilaku,” jelas Doni. “Dan kita semua tahu Pulau Jawa dengan penduduk 160 juta jiwa adalah daerah yang memberikan kontribusi ekonomi terbesar di Indonesia.”

Maka, Doni meyakini jika Indonesia bakal lebih mudah pulih dari pandemi virus corona begitu kasus di Pulau Jawa selesai. Masyarakat lantas diminta untuk selalu memiliki kesadaran yang tinggi mengenai pentingnya mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19 selama pandemi.

”Tetapi kita juga harus optimistis bahwa di Pulau Jawa masyarakat memiliki kepatuhan dan tingkat kesadaran yang saya yakin akan sangat tinggi,” terang Doni. “Karena sebagian besar adalah mereka yang memiliki juga tingkat pengetahuan, mendapatkan informasi yang lebih banyak dan tingkat pendidikan yang juga lebih tinggi.”

(wk/lian)

You can share this post!

Related Posts