Uang 'Unik' Pecahan Rp 75 Ribu Meluncur, Begini Cara Bedakan yang Asli dan Palsu
Nasional

BI meluncurkan uang senilai Rp 75 ribu dalam rangka merayakan Dirgahayu ke-75 RI pada Senin (17/8). Demi mencegah penipuan, perhatikan pedoman berikut untuk mengecek keaslian uangnya.

WowKeren - Dalam rangka Dirgahayu ke-75 Republik Indonesia, Bank Indonesia (BI) pun meluncurkan uang dengan pecahan yang cukup unik, yakni Rp 75 ribu. Uang yang hanya diproduksi 75 juta lembar ini pun dibekali dengan desain yang unik dengan gambar Presiden ke-1 RI Ir Soekarno dan Wapres ke-1 RI Mohammad Hatta di salah satu sisinya.

Kendati BI sudah menegaskan bahwa uang "unik" ini tak akan mudah ditiru, tentu pembekalan soal bagaimana ciri-ciri uang Rp 75 ribu asli pun wajib disampaikan. BI pun merilis sejumlah ciri yang bisa dijadikan pedoman dalam memastikan keaslian uang tersebut.

Yang pertama adalah terdapat gambar utama Soekarno-Hatta di bagian muka uang. Sedangkan bagian belakangnya adalah potret kekayaan budaya Indonesia.

Kemudian yang kedua adalah gambar bunga Anggrek Bulan dengan logo BI di dalamnya. Gambar tersebut dapat berubah warna dan memiliki efek gerak dinamis bila dilihat dari sudut pandang berbeda.

Ketiga masyarakat bisa berpatokan pada indera peraba. Dikutip dari CNN Indonesia, hasil cetakan terasa kasar bila diraba pada bagian utama pahlawan. Selain itu terdapat pula nominal tujuh puluh ribu rupiah (Rp 75 ribu) pada sisi muka uang.


Yang keempat, terdapat tanda air (watermark) yang dapat dilihat secara utuh jika diterawang ke arah cahaya. Kelima, gambar saling mengisi (rectoverso) dari logo BI yang dapat dilihat secara utuh bila diterawang ke arah cahaya.

Keenam, jika dicek dengan sinar ultraviolet, hasil cetak akan memendar dalam satu warna atau lebih. Selain itu, untuk bagian belakang uang, akan tampak kombinasi nomor seri yang meliputi 3 huruf dan 6 angka.

"Hasil cetak yang terasa kasar apabila diraba pada bagian (gambar) anak Indonesia," imbuh BI dalam rilis resminya, Senin (17/8). "Peta Indonesia dalam bola dunia dan tulisan."

Kemudian, pastikan pula tanda air bisa diterawang, begitu juga electrotype berupa angka 75 yang juga tampak bila diarahkan ke cahaya. Bila masih meragu, masyarakat bisa mengakses media komunikasi dan edukasi di situs BI atau https://pintar.bi.go.id untuk memeriksa keaslian uang Rp 75 ribu nan unik tersebut.

Jadi, bagaimana? Tertarik untuk mengoleksi uang tersebut? Kamu bisa memeriksa cara mendapatkannya di sini.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait