21 Agustus Ditetapkan Jadi Cuti Bersama, Masyarakat Indonesia Dapat Long Weekend Lagi
Nasional

Dengan demikian, masyarakat Indonesia pekan ini akan kembali mendapat libur panjang alias long weekend setelah sebelumnya mendapat libur HUT RI ke-75 pada Senin (17/8) kemarin.

WowKeren - Pemerintah diketahui telah memutuskan untuk menambah jumlah cuti bersama sebanyak empat hari pada tahun ini. Mengutip dari situs Kementerian Agama (Kemenag), akan ada 24 hari libur sepanjang tahun 2020 dari yang sebelumnya hanya berjumlah 20.

Empat hari cuti bersama ini terdiri dari tanggal 28 dan 29 Mei (Tambahan Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 2020), tanggal 21 Agustus (Cuti Bersama Tahun Baru Islam 1442 Hijriah), dan 30 Oktober (Cuti Bersama Maulid Nabi Saw).

Adapun penetapan cuti bersama ini tertuang dalam revisi Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 391 Tahun 2020, Nomor 02 Tahun 2020, dan Nomor 02 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua atas SKB 3 Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2020. "Sehubungan dengan pergeseran cuti bersama tahun 2020, perlu menetapkan perubahan hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2020," demikian kutipan salinan SKB tiga Menteri tersebut.


Kebijakan ini merupakan hasil rapat yang dipimpin Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. Dengan demikian, masyarakat Indonesia pekan ini akan kembali mendapat libur panjang alias long weekend setelah sebelumnya mendapat libur HUT RI ke-75 pada Senin (17/8) kemarin.

Sebelumnya, Muhadjir telah menyatakan bahwa tambahan cuti bersama ini disepakati untuk menggairahkan kembali ekonomi dan pariwisata Indonesia. Muhadjir juga mengaku bahwa pembahasan revisi cuti bersama ini telah dimulai sebelum pandemi corona merebak.

Long weekend HUT RI ke-75 kemarin tercatat mampu membuat kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, kebanjiran wisatawan. Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, mencatat ada 9.758 turis yang berlibur dalam masa HUT RI ke-75. Menurut Kepala Suku Dinas (Kasudin) Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kepulauan Seribu Puji Astuti, lonjakan pengunjung sudah terasa dari Jumat (14/8) pekan lalu.

Di sisi lain, pemerintah telah menggeser cuti bersama Idul Fitri 2020 ke akhir tahun. Dari yang awalnya dijadwalkan 26-29 Mei, dipindah menjadi 28-31 Desember.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait