Plt Bupati Sidoarjo Meninggal Karena COVID-19, Sang Istri Ternyata Juga Positif
Nasional

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Sidoarjo, Jawa Timur, Nur Ahmad Syaifuddin alias Cak Nur meninggal akibat virus corona (COVID-19). Terkait hal ini, dilaporkan bahwa istri dari Cak Nur, juga positif terinfeksi virus COVID-19 tersebut.

WowKeren - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Sidoarjo, Jawa Timur, Nur Ahmad Syaifuddin alias Cak Nur, dilaporkan meninggal pada kemarin, Sabtu (22/8). Kepala Dinas Kesehatan Sidoarjo, Syaf Satriawarman, membenarkan kabar tersebut dan mengungkapkan bahwa Cak Nur meninggal akibat virus corona (COVID-19). Terkait hal ini, dilaporkan bahwa istri dari Cak Nur, juga positif terinfeksi virus COVID-19 tersebut

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Kepala Dinas Kesehatan Sidoarjo, Syaf Satriawarman pada hari ini, Minggu (23/8). Dilansir dari CNN, Syaf Satriawarman mengungkapkan bahwa meski positif, istri Cak Nur tidak mengalami gejala klinis. Untuk itu yang bersangkutan hanya menjalani isolasi mandiri di rumahnya.

"Inggih (ya). Benar istri almarhum positif COVID-19," ungkap Syaf. "Baru besok akan kami swab anggota keluarga lainnya."


Cak Nur sendiri sebelum wafat diketahui telah sakit sejak 10 hari sebelumnya. Syaf Satriawarman mengatakan, selama 10 hari sakit, Cak Nur enggan dirujuk ke rumah sakit dan lebih memilih untuk dirawat di kediamannya. Namun sayang, Sabtu pagi, kondisi Cak Nur makin memburuk. Ia pun akhirnya dirujuk ke RSUD Kabupaten Sidoarjo.

Menurut Syaf selama 10 hari itu Cak Nur mulanya tak memiliki gejala berat. Namun, dua hari terkahir kondisi tubuhnya lemah, demam, batuk dan sesak. Cak Nur pun langsung menjalani swab. Dan dua jam kemudian, hasil pemeriksaan menunjukkan, bahwa ia terkonfirmasi positif Covid-19.

Jenazah Cak Nur diketahui disemayamkan di Pendopo Delta Wibawa dan nantinya akan dibawa ke Janti untuk dikebumikan. Melansir Sidoarjo News, sejumlah pejabat tinggi menghadiri Salat Jenazah Cak Nur di Pendopo Delta Wibawa. Beberapa di antaranya adalah Kapolresta Sidoarjo, Pejabat Setda Kabupaten Sidoarjo, dan Pimpinan serta anggota DPRD Sidoarjo.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa diketahui langsung menunjuk Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sidoarjo Achmad Zaini sebagai Plh Bupati. Selanjutnya Khofifah akan mengajukan tiga nama kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk ditunjuk sebagai Penjabat Bupati hingga Pilkada 2020 selesai digelar.

(wk/putr)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait