Vaksin Corona Moderna Sukses Uji Klinis, Ini Harganya Jika Diproduksi
Dunia

Kabar baik! Vaksin virus corona asal perusahaan Amerika Serikat (AS), Moderna telah sukses diuji dan bisa hasilkan antibodi. Terungkap, ini harganya jika diedarkan ke pasaran.

WowKeren - Kabar baik seputar pengembangan vaksin virus corona (COVID-19) datang dari Amerika Serikat (AS). Perusahaan bioteknologi AS, Moderna mengumumkan telah berhasil melakukan uji coba klinis vaksin virus corona.

Vaksin buatan Moderna ini dilaporkan telah selesai diuji coba kepada orangtua dan lansia. Dalam uji coba tersebut, vaksin Moderna sukses menghasilkan antibodi penawar dalam melawan virus corona.

Uji coba ini dilakukan pada 10 orang dengan rentang usia 56 tahun hingga 70 tahun. Selain itu, vaksin juga diuji pada 10 orang lainnya dengan rentang usia 71 tahun ke atas. Hasilnya, seluruh penerima vaksin sama sekali tidak menunjukkan efek samping yang membahayakan.

Dilansir CNBCIntenational, sejumlah pasien hanya melaporkan berbagai efek samping ringan. Mereka mengeluhkan kelelahan, menggigil, sakit kepala dan mengalami nyeri di tempat suntikan. Meski demikian, gejala-gejala tersebut hilang dalam waktu dua hari.


Kesuksesan uji klinis vaksin Moderna ini tidak hanya sampai disitu. Sebelumnya, vaksin ini juga telah berhasil menciptakan antibodi setelah diuji coba pada orang dengan rentang usia 18 tahun hingga 56 tahun. Relawan juga sama sekali tidak mengalami efek samping yang membahayakan.

Tentunya keberhasilan ini membuat vaksin Moderna semakin siap untuk diproduksi massal. CEO Moderna Stephane Bancel lantas mengungkapkan harga yang dipatok jika vaksin ini diedarkan ke pasaran.

Vaksin Moderna akan dijual dengan harga US$32 hingga US$37 per dosis pada sebagian orang. Jumlah tersebut jika dirupiahkan maka setara dengan Rp468 ribu per dosis.

Namun semalam pandemi, Bancel mengungkapkan jika vaksin bernama mRNA buatan Moderna ini bisa dijual dengan harga yang jauh lebih murah. Hal ini demi mempercepat penanganan pandemi dan membantu banyak masyarakat yang tidak mampu.

Tetapi begitu pandemi selesai, maka harga vaksin Moderna akan mengikuti harga pasar dan disesuaikan dengan vaksin buatan perusahaan lainnya. “Kami akan bekerja dengan pasar,” pungkas Bancel.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait